Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Instagram: apa itu, sejarah dan cara kerja jejaring sosial


Temukan asal mula Instagram dan pahami evolusi jejaring sosial, dari foto persegi hingga video pendek yang direkomendasikan oleh algoritma.

Instagram adalah jejaring sosial terpopuler keempat di dunia, dengan sekitar 2 miliar pengguna aktif bulanan. Sejarah aplikasi dimulai sebelum diakuisisi oleh Facebook, dengan filter pertama, feed kronologis, dan foto persegi.

Evolusi Instagram menghadirkan fitur-fitur sukses, seperti Stories dan Reels, masing-masing diadaptasi dari platform saingannya Snapchat dan TikTok, dan fitur-fitur lain yang tidak berjalan dengan baik, seperti IGTV, yang dihentikan pada tahun 2021.

Dalam panduan lengkap ini, Tecnoblog menjelaskan secara detail segala sesuatu tentang Instagram, termasuk fitur utamanya, sejarah, dan cara kerja jejaring sosial. Ikuti di bawah ini.

Apa itu Instagram dan untuk apa?

Instagram adalah jejaring sosial Meta yang memungkinkan Anda berbagi foto dan video dengan pengguna lain, baik mereka pengikut atau bukan. Salah satu fitur orisinal utama Instagram adalah penggunaan filter untuk mempersonalisasi postingan dengan cepat.

Apa yang dimaksud dengan Instagram?

Kata “Instagram” adalah kombinasi dari istilah “kamera instan” dan “telegram”, dan mengacu pada pengambilan dan berbagi foto secara instan.

Namun nama depan Instagram adalah “Burbn”, masih dalam tahap prototipe, karena wiski Amerika bourbon – minuman yang dinikmati oleh peneliti kreativitas platform pada saat itu, Keith Sawyer, menurut buku Zig Zag: Jalan Mengejutkan Menuju Kreativitas Lebih Besar .

Apa cerita Instagramnya?

Sejarah Instagram dimulai pada tahun 2009, ketika programmer Kevin Systrom mulai mengembangkan aplikasi yang awalnya bernama Burbn. Pada bulan Mei 2010, insinyur perangkat lunak Mike Krieger bergabung dengan tim untuk mengerjakan platform tersebut, yang kemudian mengalami perubahan menjadi Instagram.

Awalnya, Instagram (atau Burbn) adalah aplikasi check-in yang mirip dengan Foursquare, yang memiliki semacam sistem poin untuk memberi penghargaan kepada mereka yang pergi keluar bersama teman.

Selama periode pengujian Burbn, para peneliti memperhatikan bahwa orang-orang menggunakan aplikasi tersebut untuk tujuan yang berbeda – penggunaan utamanya bukanlah untuk check-in, namun untuk berbagi foto, yang merupakan fitur sekunder dari platform tersebut.

Sejak saat itu, Systrom dan Krieger sepenuhnya mengubah arah aplikasi, berfokus pada cara sederhana memposting foto dengan filter – yang sekarang kita kenal sebagai Instagram.

Instagram resmi diluncurkan pada Oktober 2010, hanya untuk iOS. Pada tahun 2011, Instagram mengumpulkan investasi seri A sebesar US$7 juta, yang bernilai sekitar US$20 juta. Tahun berikutnya, jejaring sosial tersebut hadir di Android, dan dibeli oleh Meta (saat itu, Facebook Inc.).

Apakah orang yang membuat Instagram adalah orang Brasil?
Ya. Michel “Mike” Krieger adalah seorang insinyur dan pengusaha perangkat lunak asal Brasil, salah satu pendiri Instagram. Mike lahir di São Paulo, tetapi pindah ke California pada tahun 2004 untuk belajar di Universitas Stanford. Di sana, dia bertemu Kevin Systrom, yang dengannya dia membuat Instagram.

Kapan Instagram dibuat?

Tanggal peluncuran resmi Instagram adalah 6 Oktober 2010, namun aplikasi tersebut mulai dikembangkan pada tahun 2009 dengan nama “Burbn”.

Apa akun Instagram pertama?

Akun Instagram pertama adalah milik Kevin Systrom, salah satu pendiri platform ini. Melalui profil @kevin, programmer tersebut membagikan lima foto pada 16 Juli 2010, salah satunya adalah foto anak anjing Golden Retriever yang dianggap sebagai “foto pertama yang dipublikasikan di Instagram”.

Apa filter Instagram pertama?

Filter Instagram pertama adalah Apollo, Gotham, Poprocket, Inkwell, X-Pro II, Lomo-fi, Earlybird, Sutro, Toaster, Brannan, Hefe, Walden, Nashville, 1977 dan Kelvin. Semuanya memiliki tampilan yang lebih sibuk, yang banyak mengubah saturasi warna dan mencoba menghadirkan estetika yang lebih ceria pada foto yang diambil dengan ponsel.

Aplikasi klasik Amaro, Rise, Hudson, dan Valencia hadir di aplikasi versi 2.0 . Di bawah ini Anda dapat melihat postingan dengan filter Earlybird yang dibuat oleh Mike Krieger pada tahun 2010.

Ide filter pertama datang dari salah satu pendiri Kevin Systrom. Menurut wawancara yang dia berikan kepada Hollywood Reporter , tujuan filter Instagram adalah untuk mengimbangi buruknya kualitas kamera ponsel pada saat itu.

Dengan evolusi ponsel pintar dan fotografi seluler, Instagram mulai meluncurkan filter yang lebih halus, yang memanfaatkan kualitas gambar dengan lebih baik, selain berinvestasi pada efek AR untuk menciptakan kemungkinan-kemungkinan baru.

Seperti apa logo Instagram lama?

Logo pertama Instagram dirancang oleh Kevin Systrom dan pada dasarnya merupakan salinan kamera Polaroid OneStep SX-70.

Ketika Instagram menjadi populer di App Store, kesamaan antara logo dan model Polaroid dengan cepat diketahui oleh Apple, yang memberikan ultimatum kepada perusahaan tersebut untuk memodifikasi gambar tersebut.

Tak lama kemudian, logo resmi kedua ditayangkan: ilustrasi ikonik yang dibuat oleh desainer Cole Rise, terinspirasi oleh kamera Bell & Howell dari tahun 50an.

Siapa pemilik Instagram?

Pemilik Instagram adalah Meta Platforms Inc., konglomerat yang didirikan dan dijalankan oleh Mark Zuckerberg, yang berkantor pusat di Menlo Park, California. Selain Instagram, Meta juga memiliki Facebook dan WhatsApp.

Kapan Facebook membeli Instagram?

Meta (sebelumnya Facebook Inc.) mengumumkan pembelian Instagram pada 9 April 2012 . Akuisisi tersebut diungkapkan langsung oleh CEO Mark Zuckerberg di timeline Facebook-nya. Janjinya sejak awal adalah menjadikan Instagram sebagai jaringan independen dari Facebook.

Berapa harga Facebook membeli Instagram?'

Meta membeli Instagram pada tahun 2012 dengan harga sekitar US$1 miliar, termasuk uang tunai dan saham.

Kapan Instagram versi Android dirilis?

Instagram memperoleh versi untuk Android pada tanggal 3 April 2012, melampaui 1 juta unduhan dalam 24 jam .

Bagaimana cara kerja Instagram?

Instagram memungkinkan Anda berbagi foto dan video melalui ponsel atau PC secara gratis. Anda dapat mengikuti profil lain untuk melihat postingan mereka di feed dan Stories, serta berinteraksi melalui komentar, suka, reaksi, dan pesan langsung (DM).

Menurut Instagram sendiri, setiap bagian aplikasi (Reels, Stories, dan Explore) memiliki algoritma rekomendasinya sendiri, yang menyesuaikan dengan perjalanan pengguna.

Instagram tersedia untuk smartphone Android dan iPhone, PC dengan Windows 10 dan dalam versi web, yang dapat diakses melalui browser di komputer (instagram.com).

Bagaimana cara menggunakan Instagram?

Anda perlu membuat akun Instagram untuk memposting foto dan video. Setelah mendaftar melalui aplikasi atau situs web dan menyelesaikan pengaturan akun dasar, Anda harus masuk ke profil Anda untuk mengikuti pengguna lain dan mulai memposting.

Dengan mengetuk tombol tengah aplikasi (“+”), Anda dapat memilih jenis postingan yang ingin Anda buat: Publikasi (umpan), Cerita Instagram, Reel, atau Siaran Langsung.

Jika Anda ingin mengirim pesan langsung ke pengikut, cukup akses kembali profil Anda dan buka menu DM Instagram, yang diwakili oleh balon, di kanan atas layar.

Siapa pun dapat melihat publikasi feed di profil terbuka, bahkan tanpa login ke jejaring sosial.

Untuk mencegah konten profil Anda diekspos ke orang yang tidak berwenang, penting untuk mengonfigurasi opsi privasi Anda. Anda dapat membiarkan Instagram tetap pribadi atau menentukan siapa yang dapat berinteraksi dengan postingan Anda.

Berapa banyak orang yang dapat saya ikuti di Instagram?
Instagram memungkinkan setiap akun untuk mengikuti hingga 7.500 profil di jejaring sosial. Jika Anda belum mencapai batas ini dan kesulitan mengikuti pengguna baru, mungkin Instagram telah membatasi aktivitas akun Anda . Hal ini terjadi karena pelanggaran pedoman penggunaan, perilaku mencurigakan, dan alasan lainnya.

Apa saja fitur utama Instagram?

  • Instagram Stories : postingan yang hilang setelah 24 jam. Anda dapat berbagi foto, video, atau teks, dan menyesuaikannya dengan filter, musik, GIF, warna, tautan, dan fitur lainnya.
  • Reel Instagram : video berdurasi hingga 15 menit. Mereka dapat diposting di Umpan Instagram atau hanya di tab Reel. Mereka juga mendukung filter dan fitur pengeditan lainnya yang ada di Stories.
  • Instagram Feed: dinding yang muncul ketika kita mengakses profil seseorang di jejaring sosial. Hal ini memungkinkan publikasi foto dan video, dan biasanya dipahami sebagai tempat premium, untuk publikasi yang telah diekspos untuk jangka waktu tidak terbatas.
  • Instagram Live : alat yang memungkinkan siaran langsung, secara individu atau dengan maksimal 4 akun. Lives dibuat sebagai bagian dari Instagram Stories pada tahun 2016 dan menjadi terkenal selama pandemi.
  • Jelajahi di Instagram: tab yang memungkinkan Anda menemukan publikasi baru berdasarkan rekomendasi yang dibuat berdasarkan interaksi (suka, pengikut, dan komentar) yang Anda buat di platform.
  • DM Instagram: adalah pesan instan yang ada di Instagram. Dimungkinkan untuk mengobrol secara individu atau membuat grup dengan pengguna jejaring sosial.
  • Catatan Instagram: fitur yang memungkinkan Anda meninggalkan pesan kecil di area pesan Instagram. Ini berfungsi mirip dengan status MSN lama dan juga memungkinkan Anda menambahkan musik dan emoji selain teks.
  • Tagar: digunakan untuk mengatur konten di Instagram, serta di jejaring sosial lainnya. Anda dapat mengikuti hashtag di Instagram untuk mengikuti postingan tentang topik tertentu.
  • Bio Instagram: Tempat untuk memasukkan informasi tentang profil Instagram Anda. Anda dapat memasukkan deskripsi singkat, menandai akun lain (@), menambahkan emoji, tautan eksternal, dan bahkan musik.
  • Belanja Instagram: memungkinkan Anda membuat etalase virtual untuk menjual produk dalam platform.
  • Panduan Instagram : memungkinkan pemilik profil mengatur postingan untuk ditampilkan kepada pengikutnya. Anda dapat membuat panduan untuk merekomendasikan lokasi, produk, dan publikasi tertentu.
  • Koleksi Instagram : Di sinilah postingan yang Anda simpan untuk dilihat nanti di Instagram berada. Anda dapat membuat folder untuk menata koleksi publikasi dengan lebih baik berdasarkan tema.
  • Notifikasi Instagram : Peringatan Instagram, secara default, memberi tahu Anda saat Anda mendapatkan pengikut, menerima pesan, ditandai di postingan, atau menerima suka dan komentar. Anda dapat menonaktifkan notifikasi untuk fitur aplikasi tertentu.
  • Iklan Instagram: muncul di antara postingan Feed, Reels, dan Stories. Anda dapat meminta untuk melihat lebih sedikit jenis postingan tertentu untuk meningkatkan pengalaman Anda dengan iklan di Instagram.

Bisakah saya menggunakan fitur-fitur baru Instagram lebih awal?

Ya, Instagram Beta dapat diunduh untuk mendapatkan fitur-fitur Instagram baru yang sedang dalam tahap pengujian.

Seperti apa Instagram saat itu?

Pada tahun 2010, Instagram merupakan platform berbagi foto dengan format 1:1 (persegi) yang memungkinkan suka dan komentar, dan sebagian besar fitur saat ini belum ada.

Pada saat itu, pengguna jejaring sosial tidak dapat membuat atau mengedit filter mereka sendiri. Faktanya, kesuksesan fitur ini begitu luar biasa sehingga orang-orang mulai menamai anak mereka dengan filter Instagram .

Video tersebut baru muncul di Instagram pada tahun 2013, dan berdurasi maksimal 15 detik.

Mengapa IGTV berakhir?

IGTV adalah upaya pertama Instagram untuk memulai video vertikal, yang menempati seluruh layar ponsel tanpa memaksa pengguna memutar perangkat . Formatnya dirancang untuk video berdurasi hingga 1 jam, tetapi kehilangan ruang karena Reels, yang juga vertikal, tetapi memiliki proposal yang ditujukan untuk video pendek.

“Kami telah melihat perubahan besar dalam cara orang membuat dan mengembangkan konten, dimana video telah menjadi format pilihan untuk hiburan dan bercerita. Kami tahu bahwa video berdurasi pendek adalah masa depan dunia hiburan, itulah sebabnya kami meluncurkan Reels di lebih dari 50 negara, menawarkan format baru untuk ekspresi kreatif dan peluang untuk menjangkau pemirsa baru di panggung global.”

Adriana Grineberg, Direktur Operasi Instagram untuk Amerika Latin, dalam sebuah wawancara dengan Tecnoblog, Masih dimungkinkan untuk mempublikasikan video panjang di Instagram secara vertikal. Namun, nama fitur ini sekarang hanya “Video Instagram” dan tidak ada lagi tab eksklusif untuk jenis konten ini di profil – tab ini muncul di sebelah foto di Feed.

Apakah Instagram mengabaikan feed kronologis?

Umpan kronologis digantikan oleh sistem rekomendasi melalui algoritma Instagram .

Menurut jejaring sosial , berakhirnya umpan kronologis di layar utama aplikasi disebabkan oleh peningkatan konten yang dipublikasikan di platform, yang membuat pengguna hampir tidak mungkin melihat semua yang dipublikasikan.

Untuk memastikan postingan yang relevan dilihat, algoritme Instagram menyarankan konten berdasarkan interaksi setiap pengguna dengan postingan dan akun platform.

Anda masih dapat mengakses feed favorit kronologis di Instagram , namun feed tersebut tidak ditampilkan secara default.

Apa jejaring sosial alternatif selain Instagram?

Facebook, TikTok, YouTube, Twitter (X), BeReal, Kwai, Snapchat, dan VSCO adalah beberapa alternatif paling terkenal selain Instagram, memungkinkan Anda memposting foto dan video secara gratis dan berinteraksi dengan pengguna lain.

Perlu diingat bahwa Snapchat menjadi inspirasi untuk Instagram Stories, dan TikTok menjadi referensi utama untuk video pendek yang digunakan untuk membuat Reel Instagram.

Baru-baru ini, Instagram juga meluncurkan Threads, sebuah aplikasi terpisah yang berfokus pada teks pendek yang cara kerjanya mirip dengan Twitter.

Siapa yang memiliki lebih banyak pengguna: Facebook atau Instagram?

Facebook memiliki lebih banyak pengguna daripada Instagram. Jejaring sosial yang didirikan oleh Mark Zuckerberg ini memiliki 2,9 miliar pengguna aktif bulanan, sedangkan Instagram memiliki sekitar 2 miliar, menurut informasi dari Statista yang dikumpulkan pada Oktober 2023 .

Apa pesaing terbesar Instagram?

TikTok dianggap sebagai pesaing terbesar Instagram, terutama karena popularitasnya yang semakin meningkat di kalangan generasi baru . Jejaring sosial Tiongkok ByteDance memiliki 1 miliar pengguna aktif bulanan, menempati peringkat keenam dalam peringkat global yang disusun oleh Statista.

Pemeringkatan tersebut menganggap platform seperti WhatsApp dan WeChat sebagai jejaring sosial. Tidak termasuk kedua aplikasi perpesanan ini, TikTok berada tepat setelah Instagram dalam daftar jaringan dengan pengguna aktif terbanyak per bulan.

Posting Komentar untuk "Instagram: apa itu, sejarah dan cara kerja jejaring sosial"