Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara melaporkan di Instagram: akun, postingan, komentar, dan pesan


Instagram memungkinkan pengguna untuk melaporkan seluruh profil, postingan, komentar, dan pesan; Lihat panduan di bawah ini untuk membuat laporan Anda di platform.

Pelaporan di Instagram adalah cara melaporkan kemungkinan pelanggaran peraturan pada platform, seperti profil palsu atau penipuan. Menghapus konten berbahaya memberi pengguna keamanan dan kesejahteraan yang lebih baik. Instagram memungkinkan Anda melaporkan akun, publikasi, gulungan, cerita, video langsung, komentar, dan pesan langsung.

Prosesnya dilakukan melalui aplikasi Android atau iOS, namun Instagram menyediakan formulir bagi orang-orang yang tidak memiliki akun di jejaring sosial untuk melaporkan konten bermasalah.

Selain profil palsu dan penipuan, jejaring sosial menerima laporan karena alasan lain, seperti spam, ketelanjangan, atau pelecehan. Semua informasi ini tercakup dalam Pedoman Komunitas Instagram dan Ketentuan Penggunaan.

Semua laporan bersifat anonim, kecuali laporan pelanggaran kekayaan intelektual, karena pemilik hak cipta harus diidentifikasi. Saat melaporkan konten di Instagram, laporan tersebut melewati proses analisis platform, yang mungkin menghasilkan tindakan apa pun atau tidak.

Lihat di bawah cara melaporkan akun atau konten di Instagram.

Cara melaporkan akun di Instagram

Jika Anda yakin bahwa profil Instagram melanggar ketentuan penggunaan jejaring sosial, Anda dapat melaporkannya dengan menyelesaikan langkah-langkah berikut di ponsel Android atau iPhone. Bergantung pada alasan laporan tersebut, Instagram mungkin meminta Anda untuk mengungkapkan lebih banyak informasi tentang masalah tersebut.

1. Akses akun Instagram yang ingin Anda laporkan
Saat melihat postingan yang tidak pantas di feed atau pesan langsung yang tidak biasa, ketuk nama pengguna yang menerbitkannya atau cari nama tersebut di tab Jelajahi, dengan ikon kaca pembesar. Anda harus mengakses akun yang bermasalah untuk melaporkan profil Instagram.

2. Ketuk tiga titik di pojok kanan atas layar
Ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas layar profil untuk dilaporkan di Instagram.

3. Pilih “Laporkan”
Ketuk opsi “Laporkan” di menu ikon tiga titik.

4. Pilih “Sesuatu tentang akun ini”
Pilih opsi “Sesuatu tentang akun ini” di layar laporkan profil Instagram.

5. Pilih alasan melaporkan profil Instagram
Pilih opsi yang paling tepat untuk membuat laporan di Instagram. Diantaranya adalah “Orang tersebut mungkin berusia di bawah 13 tahun” dan “Mungkin telah diserang”. Jika tidak ada opsi yang cocok dengan masalahnya, pilih “Alasan lain”.

Cara melaporkan postingan di Instagram

Anda dapat melaporkan postingan di feed, story, reel, atau live stream Anda di Instagram dengan langkah-langkah berikut.

1. Ketuk tiga titik di pojok postingan yang akan dilaporkan
Akses postingan atau cerita yang akan dilaporkan dan ketuk ikon tiga titik di kanan atas layar. Jika berbentuk reel, ikon tiga titik muncul di pojok kanan bawah video.

2. Pilih “Laporkan”
Pilih opsi “Laporan” dari menu ikon tiga titik.

3. Pilih alasan laporan tersebut
Pilih alasan prosedur di menu laporan. Alasan yang diberikan Instagram antara lain spam, ujaran kebencian, informasi palsu, dan pelecehan. Jika Anda tidak melihat opsi yang cocok, ketuk “Sesuatu yang lain.”

Cara melaporkan komentar di Instagram

Komentar dapat dilaporkan di Instagram untuk Android dan iOS, tetapi dengan sedikit perbedaan antara kedua platform, seperti yang ditunjukkan dalam panduan langkah demi langkah di bawah.

1. Tandai komentar yang ingin Anda laporkan di Instagram
Buka postingan di Instagram dan akses area komentar. Pilih komentar yang akan dilaporkan dengan mengetuknya dan menyeret sentuhan tersebut ke kiri, jika Anda menggunakan iPhone. Jika Anda menggunakan Android, ketuk dan tahan komentar hingga muncul menu.

2. Pilih tombol laporan
Di iOS, ketuk tombol dengan ikon balon seru yang muncul saat Anda menyeret komentar ke kiri. Di menu yang muncul, pilih “Laporkan komentar ini”. Di Android, pilih opsi “Laporan” dari menu.

3. Pilih alasan laporan tersebut
Pada layar Laporan, pilih alasan pelaporan. Pilihannya mencakup spam, ketelanjangan, dan perkataan yang mendorong kebencian. Pilih “Sesuatu yang lain” jika alasan Anda tidak tercantum.

Cara melaporkan pesan langsung di Instagram

Anda dapat melaporkan pesan langsung yang Anda terima dengan mengikuti petunjuk berikut.

1. Buka pesan yang ingin Anda laporkan di Instagram
Ketuk ikon tombol petir di pojok kanan atas Instagram untuk Android atau iOS dan buka percakapan yang berisi DM (direct message) yang akan dilaporkan.

2. Ketuk dan tahan pesan yang akan dilaporkan
Ketuk dan tahan pesan yang akan dilaporkan hingga muncul menu.

3. Pilih “Laporkan”
Pilih opsi “Laporan”, yang biasanya ditulis dengan warna merah dan berada di posisi terakhir menu.

4. Pilih alasan laporan tersebut
Pada layar Laporan, pilih alasan pelaporan. Pilihannya mencakup ketelanjangan, penipuan atau penipuan, dan intimidasi. Jika Anda tidak menemukan opsi yang paling sesuai, pilih “Masalahnya tidak tercantum di sini”.

Bisakah saya melaporkan akun atau postingan Instagram melalui email?

Dimungkinkan untuk melaporkan konten Instagram tanpa memiliki akun di jejaring sosial. Cukup isi formulir laporan Instagram . Di sana, Anda harus menginformasikan apakah konten yang akan dilaporkan adalah foto atau video, komentar atau profil. Kemudian, perlu diinformasikan jenis pelanggarannya, seperti tayangan ketelanjangan atau kekerasan.

Untuk alasan apa saya bisa melaporkan sesuatu di Instagram?
Konten atau pesan apa pun yang melanggar Ketentuan Penggunaan dan Pedoman Komunitas Instagram dapat dilaporkan, seperti:
  • spam;
  • Profil palsu atau kloning;
  • Dugaan penipuan atau penipuan;
  • Menampilkan ketelanjangan atau pornografi;
  • Paparan kekerasan;
  • Kebencian;
  • Penjualan produk terlarang.

Apakah Instagram menampilkan semua laporan yang saya buat?

Tidak selalu. Anda dapat melihat laporan yang dibuat di Instagram dengan masuk ke pengaturan jejaring sosial, lalu “Bantuan” / “Permintaan dukungan” / “Laporan”. Namun, laporan tersebut mungkin tidak ditampilkan jika Instagram menganggap konten yang dilaporkan tidak melanggar pedoman layanan.

Apakah laporan Instagram anonim?

Instagram menerima laporan secara anonim, kecuali jika laporan tersebut melibatkan pelanggaran hak cipta. Dalam hal ini, Instagram dapat menghubungi pelapor untuk meminta informasi tambahan. Layanan ini juga meneruskan beberapa data kepada pelapor yang memungkinkan untuk mengetahui siapa yang membuat laporan, seperti:
  • Nama pemilik hak cipta;
  • Alamat email pelapor;
  • Rincian pengaduan;
  • Nomor laporan dihasilkan oleh Instagram.

Apa yang terjadi jika seseorang dilaporkan di Instagram?

Tidak ada yang langsung terjadi pada akun yang dilaporkan, karena laporan tersebut memasuki antrean analisis Instagram. Setelah meninjau keluhan tersebut, Instagram akan mengambil keputusan berdasarkan tingkat keparahan pelanggaran.

Jika laporan tersebut dianggap valid, Instagram dapat memblokirnya untuk sementara, membatasi fitur, atau menonaktifkan profil. Dalam beberapa kasus, postingan bermasalah tersebut disembunyikan oleh Instagram dari pelapor, namun hal ini tidak menyebabkan akun yang dilaporkan diblokir.

Instagram dapat memberi tahu penulis tentang penghapusan konten yang tidak pantas, namun biasanya tidak mengirimkan pemberitahuan kepada pelapor. Namun, Instagram akan memberi tahu orang yang melaporkan penonaktifan akun yang menyamar sebagai dirinya, selama mereka sendiri yang membuat laporan.

Jika konten atau profil yang dilaporkan tidak dihapus, Instagram akan menggunakan laporan tersebut untuk membuat postingan serupa dengan yang dilaporkan lebih jarang muncul di feed laporan dan tab Jelajahi.

Apakah orang tersebut mengetahui kapan mereka dilaporkan?

Orang tersebut akan menerima pemberitahuan laporan jika pengaduannya melibatkan pelanggaran hak cipta. Dalam hal ini, dia akan diberi tahu rincian pengaduan dan alamat email pelapor, yang harus merupakan pemilik konten asli atau perwakilan hukumnya.

Jika laporan tersebut melibatkan dugaan percobaan bunuh diri atau melukai diri sendiri, Instagram akan menampilkan pesan kepada orang yang dilaporkan dengan instruksi agar mereka berbicara dengan teman atau layanan dukungan. Dalam hal ini, orang tersebut akan dapat menyimpulkan bahwa peringatan tersebut berasal dari suatu pengaduan, namun tidak akan mengetahui siapa pembuatnya.

Dalam kasus lain, orang yang dilaporkan akan dapat mengetahui kemungkinan laporan jika mereka membuka “Pengaturan dan privasi” / “Status akun”, tetapi tidak akan mengetahui siapa penulisnya.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan Instagram untuk menganalisis laporan tersebut?

Instagram tidak memberikan batas waktu untuk menganalisis keluhan tersebut. Banyak di antaranya yang dilakukan dalam jangka waktu hingga 24 jam, namun platform mungkin memerlukan waktu lebih lama untuk melakukan analisis karena beberapa faktor seperti jumlah laporan yang diterima, jumlah analis manusia yang tersedia, dan kompleksitas laporan.

Apakah akun Instagram terhapus jika dilaporkan berkali-kali?

Tidak. Instagram tidak mengambil keputusan berdasarkan berapa kali suatu akun atau konten dilaporkan. Namun, banyaknya laporan dapat menarik perhatian jejaring sosial ke kasus tertentu, yang mungkin dapat dianalisis lebih cepat atau tidak.

Bisakah saya menarik diri dari laporan yang dibuat di Instagram?

Instagram tidak mengizinkan Anda membalikkan laporan. Namun, konten atau profil yang dilaporkan tidak akan dihukum jika tidak ada kejanggalan, meskipun konten yang dilaporkan mungkin disembunyikan dari pelapor.

Jika pengaduan melibatkan hak cipta, pengaduan dapat dicabut dengan menggunakan formulir pencabutan .

Apa yang harus dilakukan jika Instagram tidak menerima laporan tersebut?
Anda dapat menggunakan cara lain untuk melindungi akun Instagram Anda jika laporan Anda tidak diterima. Pilihan terbaik adalah memblokir seseorang di Instagram ketika mereka memposting konten yang Anda anggap tidak pantas untuk jejaring sosial. Akibatnya, profilnya tidak akan muncul untuk Anda.

Posting Komentar untuk "Cara melaporkan di Instagram: akun, postingan, komentar, dan pesan"