Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu prosesor dan jenis apa yang digunakan pada ponsel, PC, dan kamera?


CPU, GPU, dan NPU adalah jenis prosesor yang digunakan dalam perangkat elektronik konsumen, seperti ponsel; memahami arsitektur utama dan atribut lain dari komponen ini

Prosesor digunakan untuk mengontrol fungsi dan melakukan operasi pada ponsel cerdas, PC, kamera, dan perangkat elektronik lainnya. Chip khusus, seperti GPU dan NPU, dapat melakukan penghitungan, memproses grafik, melatih kecerdasan buatan, dan tugas-tugas lainnya, sedangkan CPU adalah prosesor untuk keperluan umum.

Prosesor ditentukan oleh propertinya, termasuk litografi, jumlah inti, kecepatan clock, arsitektur, dan set instruksi. Selanjutnya, pahami lebih lanjut tentang jenis-jenis utama prosesor yang ada pada perangkat elektronik konsumen, atribut umumnya, dan fungsinya masing-masing.

Apa jenis utama prosesor?

CPU (Central Processing Unit), GPU (Graphics Processing Unit), NPU (Neural Processing Unit) dan ISP (Image Signal Processor) adalah beberapa jenis prosesor utama yang ditemukan di ponsel, kamera, dan komputer.

Untuk apa Central Processing Unit (CPU)?

CPU berfungsi untuk menjalankan instruksi program secara umum, berfungsi sebagai “otak” komputer. Ini dibagi menjadi tiga komponen utama: Unit Logika Aritmatika (ALU), Unit Kontrol (UC) dan Register. Karena merupakan unit pemroses pusat, sering kali hanya disebut “prosesor”.

Untuk apa Unit Pemrosesan Grafis (GPU)?

GPU berfungsi untuk memproses grafik secara efisien, penting untuk rendering game, pengeditan video, dan aplikasi visual lainnya . Itu bergantung pada pemrosesan paralel untuk melakukan beberapa operasi grafis secara bersamaan dan dapat memiliki ratusan atau ribuan inti pemrosesan independen.

Untuk apa Unit Pemrosesan Neural (NPU)?

NPU berfungsi untuk mempercepat tugas-tugas yang berkaitan dengan kecerdasan buatan , seperti pembelajaran mendalam , jaringan saraf, dan visi komputer pada ponsel dan komputer. Disebut juga Intelligent Processing Unit (IPU), alat ini dapat meningkatkan kualitas gambar di Smart TV melalui teknik yang disebut upscaling .

Untuk apa Prosesor Sinyal Digital (DSP)?

DSP digunakan untuk memproses sinyal digital, seperti audio dan video, secara real time . Ini berguna dalam aplikasi seperti pengkodean dan decoding video resolusi tinggi, pembatalan bising aktif (ANC) di headphone, dan filter peningkatan kualitas gambar.

Untuk apa Prosesor Sinyal Gambar (ISP)?

ISP berfungsi untuk memproses gambar yang diambil oleh kamera. Ia bekerja sama dengan prosesor SoC (System-on-a-chip) lainnya, seperti DSP dan CPU, untuk mengelola warna, mengurangi noise, dan meningkatkan ketajaman pemandangan yang difoto dan difilmkan oleh ponsel, notebook, kamera digital, dan perangkat elektronik lainnya. dengan sensor gambar.

Apa itu litografi prosesor tunggal?

Litografi adalah teknologi manufaktur yang digunakan dalam produksi semikonduktor, seperti prosesor silikon. Ini secara langsung mempengaruhi faktor-faktor seperti kepadatan transistor, kecepatan pemrosesan, efisiensi energi, dan manajemen panas chip.

Berapa nanometer pada prosesor?

Litografi prosesor dinyatakan dalam nanometer (nm) . Semakin kecil nilai dalam nanometer, cenderung semakin besar jumlah transistor dalam prosesor di area fisik yang sama.

Apa itu transistor dalam prosesor?

Transistor adalah komponen semikonduktor, biasanya terbuat dari silikon, yang mengontrol arus listrik. Dalam prosesor, transistor bertindak sebagai saklar, mengendalikan aliran listrik dan, akibatnya, pelaksanaan instruksi dan perhitungan.

Apa itu arsitektur prosesor?

Arsitektur prosesor mengacu pada desain chip dan cara memproses data. Ada dua jenis arsitektur: von Neumann, lebih umum pada prosesor modern, dan Harvard.

Arsitektur von Neumann : menggunakan satu memori untuk menyimpan data dan instruksi yang sedang dieksekusi. Ini terdiri dari prosesor yang melakukan perhitungan, unit kontrol yang mengkoordinasikan operasi dan bus yang menghubungkan semua komponen.

Arsitektur Harvard : memiliki memori terpisah untuk data dan program, yang berarti prosesor dapat mengakses instruksi dan memanipulasi data pada saat yang bersamaan. Ini paling banyak digunakan dalam sistem tertanam dan mikrokontroler kecil, seperti yang digunakan pada peralatan rumah tangga, karena lebih efisien untuk tugas yang sangat spesifik.

Set instruksi mengacu pada operasi yang mampu dilakukan prosesor. Ini bisa berupa tipe RISC (Reduksi Set Instruksi Komputer), yang didasarkan pada instruksi yang disederhanakan dan lebih sedikit, atau CISC (Komputer Set Instruksi Kompleks), yang memberikan instruksi yang lebih kompleks untuk aplikasi tertentu.

Apa yang dimaksud dengan set instruksi prosesor?

Set instruksi adalah bagian dari arsitektur yang menentukan operasi apa yang dapat dilakukan oleh prosesor. Instruksi dapat berupa operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian, atau perintah untuk memuat dan menyimpan data.

Arsitektur set instruksi (ISA) berfungsi sebagai jembatan antara perangkat keras dan perangkat lunak komputer. Sebuah program harus ditulis sesuai dengan spesifikasi ISA agar dapat berjalan secara native, dengan efisiensi sebesar mungkin, tanpa memerlukan teknik seperti emulasi atau virtualisasi.

Mikroarsitektur adalah cara ISA diimplementasikan pada prosesor . Chip yang berbeda dapat memiliki ISA yang sama dan memahami set instruksi yang sama. Namun, jika mereka memiliki mikroarsitektur yang berbeda, mereka akan menjalankan instruksi dengan cara yang berbeda, sehingga akan mengganggu kinerja dan efisiensi energi.

Apa perbedaan antara RISC dan CISC?

Perbedaan antara RISC dan CISC terletak pada pendekatan set instruksi:

  • RISC (Reduksi Set Instruksi Komputer) : memiliki serangkaian instruksi sederhana dan optimal. Ide utamanya adalah menjalankan lebih banyak instruksi dalam waktu lebih singkat. Ini memiliki jalur pipa yang lebih efisien, karena lebih sedikit langkah yang diperlukan untuk setiap instruksi, yang cenderung mengurangi konsumsi energi;
  • CISC (Komputer dengan set instruksi kompleks) : memiliki set instruksi yang bervariasi dan kompleks. Ide utamanya adalah meminimalkan jumlah instruksi per program, karena satu instruksi dapat melakukan beberapa operasi tingkat rendah yang kompleks. Ini mungkin menghabiskan lebih banyak energi.
Artinya, RISC adalah jenis arsitektur prosesor dengan kumpulan instruksi yang lebih kecil dan sederhana, sedangkan CISC memiliki kumpulan instruksi yang lebih besar dan kompleks.

Apa perbedaan antara prosesor Arm dan x86?

Perbedaan antara Arm dan x86 adalah set instruksinya. Prosesor lengan mudah ditemukan di perangkat seluler dan dirancang dengan penekanan pada efisiensi daya, sedangkan model x86 umum digunakan di desktop dan server, di mana kinerja mentah lebih penting.

Apa perbedaan antara prosesor 64-bit dan 32-bit?

Perbedaan antara prosesor 64-bit dan 32-bit terletak pada pengalamatan memori dan pemrosesan data. Chip 32-bit dapat mengalamatkan memori hingga 4 GB (2 32 byte) dan memproses data dalam potongan 32-bit. Chip 64-bit dapat mengalamatkan memori hingga 18,4 EB (2 64 byte) dan memproses data dalam potongan 64-bit, yang memungkinkan kinerja lebih besar dalam operasi kompleks.

Berapa jam prosesornya?

Jam prosesor menentukan jumlah siklus yang dijalankan chip dalam satu detik. Diukur dalam Hertz (Hz), biasanya dalam skala megahertz (MHz) atau gigahertz (GHz). Semakin tinggi frekuensinya, semakin banyak operasi yang dapat dilakukan prosesor setiap detiknya, sehingga cenderung meningkatkan kinerjanya.

Apa itu overclocking prosesor?

Overclocking adalah praktik meningkatkan kecepatan clock suatu prosesor melebihi batas yang telah ditentukan sebelumnya oleh pabrikan. Ketika CPU dengan jam dasar 3 GHz dikonfigurasi oleh pengguna untuk beroperasi pada 4 GHz, kami mengatakan bahwa CPU tersebut telah di-overclock.

Overclocking dapat meningkatkan konsumsi daya dan suhu prosesor. Jika sistem pendingin tidak cukup untuk memenuhi frekuensi yang lebih tinggi, chip mungkin rusak secara permanen.

Untuk apa inti prosesor?

Inti prosesor , juga disebut “inti”, bertanggung jawab untuk melaksanakan operasi dan perhitungan di komputer. Setiap inti fisik atau virtual pada sebuah chip dapat beroperasi secara independen, yang memungkinkannya melakukan banyak tugas secara bersamaan dan meningkatkan kinerja.

Apa itu prosesor multicore?

Teknologi multicore memungkinkan sebuah prosesor memiliki banyak inti. Contohnya adalah prosesor quad-core (4 core) dan octa-core (8 core), yang umum ditemukan pada perangkat seperti ponsel pintar dan notebook. Tujuan dari multicore adalah untuk meningkatkan kecepatan pemrosesan dengan menjalankan lebih dari satu operasi pada waktu yang bersamaan.

Apa itu thread prosesor?

Utas prosesor adalah urutan instruksi yang merupakan bagian dari proses utama. Sebuah program disusun menjadi beberapa proses, dan setiap proses dibagi menjadi beberapa thread. Jika prosesor mendukung multithreading, prosesor dapat menjalankan dua atau lebih thread secara bersamaan, sehingga meningkatkan kinerja.

Apa itu teknologi Hyper-Threading?

Hyper-Threading (HT) adalah teknologi multithreading simultan Intel yang meningkatkan efisiensi dengan memungkinkan setiap inti CPU fisik menjalankan dua thread secara bersamaan. Ini pertama kali dirilis pada prosesor domestik pada November 2002, pada mikroarsitektur Northwood Pentium 4 HT.

Nama Hyper-Threading memang dimiliki oleh Intel, namun ada pabrikan lain yang menggunakan teknologi serupa, seperti AMD Simultaneous Multi-Threading (SMT), yang hadir dalam keluarga mikroarsitektur Zen.

Berapa TDP prosesor?

TDP (Thermal Design Power) mewakili jumlah panas maksimum yang dihasilkan prosesor dalam kondisi normal. Ini dinyatakan dalam watt (W) dan digunakan untuk memahami kebutuhan pendinginan sebuah chip, seperti CPU di notebook atau GPU di kartu video. Mengetahui TDP penting untuk mencegah chip menjadi terlalu panas.

Apa itu mikroprosesor?

Mikroprosesor adalah sirkuit terpadu kompak yang melakukan operasi logis dan perhitungan matematis. Nama tersebut biasanya digunakan untuk merujuk pada Central Processing Unit (CPU), yang terutama bertanggung jawab untuk menjalankan program di komputer.

Siapa penemu mikroprosesor pertama?

Mikroprosesor pertama, Intel 4004 , ditemukan oleh tim insinyur Intel yang terdiri dari Ted Hoff, Federico Faggin, dan Stanley Mazor .

Intel 4004 diumumkan pada tanggal 15 November 1971. Ini adalah mikroprosesor pertama yang dijual ke publik, dengan harga US$60 pada saat itu.

Apa spesifikasi mikroprosesor pertama?

Intel 4004 memiliki clock 740 hingga 750 kHz (kilohertz) dan memiliki arsitektur BCD 4-bit. Itu diproduksi dalam proses 10 mikrometer , atau 10.000 nanometer, dan memiliki 2.300 transistor lebih tipis dari sehelai rambut. Prosesor modern dapat memiliki miliaran transistor berukuran 5 nanometer atau lebih kecil.

Chip tersebut digunakan pada kalkulator Busicom 141-PF yang memiliki memori, 4 fungsi (penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian) dan pencetakan hasil hingga 15 digit.

Apa hukum Moore tentang prosesor?

Hukum Moore merupakan pengamatan yang dilakukan oleh Gordon E. Moore, salah satu pendiri Intel, pada tahun 1965. Versi prediksi terbaru mengatakan bahwa jumlah transistor dalam sebuah prosesor akan berlipat ganda setiap 2 tahun, yaitu kinerja prosesor. chip akan berevolusi secara eksponensial.

Prediksi ini mendapat tantangan dalam beberapa tahun terakhir karena miniaturisasi transistor mendekati batas fisik. Ketika mereka menjadi sekecil atom, muncul masalah teknis yang menyulitkan miniaturisasi untuk berlanjut dengan kecepatan yang sama seperti beberapa dekade terakhir.

Apa lini prosesor utama?

  • Intel Core : diluncurkan pada tahun 2006, ciri-cirinya adalah performa tinggi di PC.Jajaran Core dibagi lagi menjadi Core i3 (entry level), Core i5 (intermediate), Core i7 (high performance) dan Core i9 (extreme performance);
  • Intel Pentium : Awalnya diluncurkan pada tahun 1993, lini Pentium ditujukan untuk segmen pemula, menawarkan kinerja dasar dengan harga lebih rendah. Itu adalah merek CPU utama Intel sebelum lini Core;
  • Intel Xeon : adalah jajaran prosesor Intel untuk server dan workstation. Diluncurkan pada tahun 1998 dan berfokus pada kinerja tinggi, mampu beroperasi bersama dengan prosesor lain dengan model yang sama di komputer yang sama;
  • AMD Ryzen : diluncurkan pada tahun 2017, ini adalah merek prosesor performa tinggi AMD untuk PC. Jajaran Ryzen dibagi lagi menjadi Ryzen 3 (entry), Ryzen 5 (intermediate), Ryzen 7 (kinerja tinggi) dan Ryzen 9 (kinerja ekstrim). ;
  • AMD Athlon : Awalnya dibuat pada tahun 1999, lini Athlon kini ditujukan untuk segmen entry dan mid-range, menawarkan kinerja dasar untuk tugas sehari-hari. Athlon merupakan pesaing utama Intel Pentium hingga akhir tahun 2000-an;
  • AMD Epyc : adalah jajaran prosesor AMD yang dirancang untuk server berkinerja tinggi. Umumnya memiliki jumlah inti yang besar dan dukungan untuk memori dalam jumlah besar;
  • AMD Radeon : menyatukan prosesor grafis (GPU) AMD. Itu dibuat pada tahun 2000 oleh ATI Technologies, sebuah perusahaan yang dibeli oleh AMD pada tahun 2006;
  • Nvidia GeForce : menyatukan prosesor grafis (GPU) Nvidia. Ini adalah merek utama Nvidia untuk kartu video yang ditujukan untuk pengguna rumahan dan banyak digunakan dalam aplikasi GPGPU (General Purpose Graphics Processing Unit);
  • Qualcomm Snapdragon : diluncurkan pada tahun 2007, ini adalah lini System-on-a-Chip (SoC) yang sangat populer di ponsel pintar dan tablet Android. Ini menyatukan CPU, GPU, modem dan komponen lainnya dalam chip yang sama;
  • Samsung Exynos : Jajaran SoC Samsung yang dibuat pada tahun 2010. Hal ini umum terjadi pada ponsel dan tablet dari lini Samsung Galaxy;
  • MediaTek Helio dan Dimensity : jajaran prosesor yang ditujukan untuk perangkat seluler dengan Android, dari ponsel dasar dan tablet hingga model premium dengan koneksi 5G dan performa tinggi untuk game;
  • Apple Silicon : ini adalah prosesor Apple yang digunakan terutama di Mac. Chip di lini Apple M1, M2, dan penerusnya memiliki arsitektur Arm dan menggantikan prosesor Intel, dengan arsitektur x86, di desktop dan laptop Apple.

Apakah prosesor notebook berfungsi di PC (desktop)?

Tidak, karena prosesor notebook biasanya disolder langsung ke motherboard dan memiliki soket yang berbeda dengan CPU desktop, yang dirancang khusus untuk dapat dilepas dan diganti.

Posting Komentar untuk "Apa itu prosesor dan jenis apa yang digunakan pada ponsel, PC, dan kamera?"