Kisah Mistis Danau Toba

 (Bataknese.my.id)Siapa yang tidak tahu dengan Danau Toba?danau terbesar di Indonesia dan danau vulkanik terbesar di dunia ini terletak di provinsi Sumatera Utara.


Danau ini kerap menjadi perbincangan masyarakat sekitar karena kisah-kisah

mistis yang beredar, apa saja kisahnya pada kesempatan di Rangkuman Misteri Kami telah merangkum untuk Anda yang suka dengan Cerita ber bau Mistis, berikut rangkumannya:

Kisah Mistis Danau Toba
Alam Danau Toba(samosir)indonesia


Asal-usul Danau Toba menurut sejumlah ilmuwan Danau ini terbentuk karena erupsi hebat Gunung Toba yang terjadi pada 74000 tahun lalu dilansir dari dailymail letusan tersebut membinasakan sekitar 60% makhluk hidup.


Pada saat itu kalau meletus Gunung Toba memuntahkan 2.500 kilometer kubik lava

setara dua kali volume Gunung Everest erupsinya 5000 kali lebih mengerikan dari letusan gunung sign helens pada 1980 di Amerika Serikat.


pasca letusan Gunung Toba meninggalkan kaldera modern yang dipenuhi air sehingga menjadi Danau Toba sementara itu Pulau Samosir terangkat oleh magma di bawah tanah yang tidak meletus.


walaupun telah terjadi puluhan ribu tahun lalu para peneliti memprediksi erupsi Dahsyat Danau Toba akan terjadi lagi namun menurut mereka peristiwa tersebut akan terjadi dalam waktu dekat.


ikan mas raksasa menurut cerita rakyat yang diyakini secara turun-temurun menyebutkan bahwa di danautoba ada sosok tiga ekor ikan mas yang sangat besar

dengan warna khas Batak yaitu merah hitam dan putih. menurut pengakuan masyarakat sekitar mereka acapkali melihat ketiga ekor ikan berukuran berbeda antara 5 sampai 10 meter melintasi Danau nelayan di perairan Toba selalu gelisah saat rombongan ikan itu lewat.


karena kerap kali merusak perangkap Jalan mereka konon katanya ketiga ekor ikan itu adalah penunggu Toba yang telah ada Selama ratusan tahun silam.


 Kisah mistis Berikutnya Adalah Begu ganjang si pencabut nyawa


Mitos yang paling sering dikenal dimasyarakat Danau Toba yaitu begu ganjang.


 Danau Toba bukan hanya memiliki penunggu di danau tapi juga ada di sekitar perbukitan danau dan penunggu perbukitan yang dipercaya warga setempat sebagai begu ganjang.


konon Jika ada salah warga yang berani menebang pohon di sekitar danau akan dicabut nyawanya.hingga sekarang hal ini dipercayai oleh warga setempat sehingga mereka menjaga keutuhan pohon di sekitar danau karena kelestarian alam dirawat hingga sekarang belum ada korban yang diganggu oleh si begu ganjang kemurkaan sang ratu Danau Bukan Tak jarang kita mendengar kejadian Danau Toba memakan korban berbagai jenis kapal dengan puluhan penumpang kerapkali tenggelam di Danau Toba. Kejadian ini pastinya mengingatkan kembali akan mitos-mitos yang masih melekat pada sebagian besar masyarakat setempat.


Masyarakat setempat masih mengakui adanya magis yang menguasai Danau Toba

Apabila terjadi musibah di kawasan Danau

Toba yang memakan korban orang-orang pendatang, penduduk setempat akan beranggapan kalau si ratu Danau lah yang

sedang murka dan dengan sendirinya penduduk setempat akan beranggapan bahwa korban tersebutlah yang bersalah karena telah membuat Ratu murka.


itulah kejadian-kejadian mistis yang terjadi di Danau Toba,percaya atau tidak semua kembali lagi kepada kita manusia dimanapun kita berada alangkah baiknya untuk selalu menghormati dan bersikap sopan.


Share this:



Comments

Popular Posts

Kumpulan Kata-Kata Selamat Ulang Tahun Bahasa Batak dan Artinya

Kata Kata Ucapan Berduka Cita Dalam Bahasa Batak Toba Dan Artinya

Contoh Mandok Hata Di Acara Mangapuli Dalam Budaya Suku Batak

Contoh Kata-Kata Rayuan Gombal Bahasa Batak Dan Artinya

Kunci Gitar Lagu Batak Jolma Biasa Arghado Trio

Kumpulan Pantun Umpasa Batak Lucu Dan Gokil

Kumpulan Kata-Kata Mutiara Bahasa Batak Dan Artinya

Kata-Kata Perpisahan Dalam Bahasa Batak Toba dan Artinya

Ucapan Selamat Atas Pernikahan Bahasa Batak Dan Artinya

30 Nasehat Bahasa Batak Beserta Artinya