Batik Sere Khas Pematang Siantar

Bataknese.My.Id Batik Sere Khas Pematang Siantar.Kota Siantar,tidak hanya identik dengan BSA Kota Pematangsiantar,Kota ini juga punya ikon lain yang Harus kamu ketahui,yakni pakaian bercorak batik yang dinamai batik Sere.

Batik Sere Khas Pematang Siantar
Batik Sere Khas Pematang Siantar(Picture Of Toba Tv)


Batik Sere identik dengan ciri khas corak motif etnik Batak Toba Simalungun karo dan juga motif BSA.


kain batak pada umumnya identik dengan pulau Jawa berbeda dengan pulau Sumatera yang dikenal dengan hasil kain tenunan seperti ulos.


salah satu kota di Sumatera Utara yakni Kota Pematangsiantar yang dikenal sebagai kota dengan ikon BSA ternyata memiliki kain batik khas yang disebut batik Sere.


batik Sere ini diproduksi di jalan siatas barita Kecamatan Siantar Timur Kota Pematangsiantar.

Pembuatan batik sere sudah dimulai sejak tahun 2016 silam, rumah produksi kain batik sere turut membantu perekonomian dalam pemberdayaan ibu rumah tangga di sekitar lokasi pembuatan secara manual dan tanpa menggunakan mesin membuat kain batik Sere ini cukup istimewa.


Setiap proses pengerjaannya dilakukan secara manual mulai dari awal pemotongan kain Proses pewarnaan hingga cantik, batik atau pencetakan motif.


Batik motif yang diproduksi antara lainmotif Batak Toba, karo,Simalungun, dan yang paling unik adalah motif becak Siantar yang menjadi icon Kota Pematang siantar.

pengusaha batik Sere Kristanti Simanungkalit mengatakan letak keistimewaan dari batik ini sendiri yaitu: karena berasal dari Pematangsiantar dan memiliki ciri khas kearifan lokal.

namun untuk bahan baku ia peroleh dari pulau Jawa dari borgol dan dari sinar ada yang kota Toba ada yang Simalungun ada yang karo.


di masa pandemi covid 19 ini,tim produksi batik Sere turun hingga 50% karena menurunnya permintaan dari konsumen.untuk pemasarannya sendiri kain batik sere ini bisa didapat secara langsung di daerah Kota Pematangsiantar.

Selain itu batik Sere juga mereka pasarkan di media sosial Kristanti berharap pemerintah kota dapat memberikan bantuan berupa modal baik dalam bentuk barang maupun jaringan atau relasi agar dapat lebih memberdayakan perempuan-perempuan khususnya di Kota Pematangsiantar melansir Dari Toba Tv dari Pematangsiantar hardinal simaremare melaporkan.


Share this:



Comments

Popular Posts

Kumpulan Kata-Kata Selamat Ulang Tahun Bahasa Batak dan Artinya

Contoh Mandok Hata Di Acara Mangapuli Dalam Budaya Suku Batak

Kata Kata Ucapan Berduka Cita Dalam Bahasa Batak Toba Dan Artinya

Kumpulan Pantun Umpasa Batak Lucu Dan Gokil

Ucapan Selamat Atas Pernikahan Bahasa Batak Dan Artinya

Contoh Mandok Hata Di Esek-Esek Pesta Lahiran Pada Suku Batak

Kata-kata ucapan Ulang Tahun Bahasa Batak Untuk Ibu Dan Artinya

Umpasa Batak Untuk Anak Yang Baru Lahir

Kata-Kata Perpisahan Dalam Bahasa Batak Toba dan Artinya

Ucapan Ulang Tahun Bahasa Batak Untuk Ibu Dan Artinya