Jeruk Manis Dari Sibisa Toba Ini Cara Dan Tips Menanam Dan Merawat

 Jeruk Manis Dari Sibisa Toba Ini Cara Dan Tips Menanam Dan Merawat.

jeruk adalah tumbuhan berbunga anggota Marga citrust dari suku rutaceae atau Suku jeruk-jerukan anggotanya berbentuk pohon dengan buah yang berdaging dengan rasa masam yang segar.


Meskipun banyak diantara anggotanya yang memiliki rasa manis rasa masam berasal dari kandungan asam sitrat yang memang terkandung pada semua anggotanya.


asal jeruk dari Asia Timur dan Asia Tenggara

jeruk manis dan sitrun atau biasa disebut dengan lemon berasal dari Asia Timur sedangkan jeruk bali jeruk nipis dan jeruk purut berasal dari Asia Tenggara.


jeruk sangat bermanfaat bagi tubuh kita serat jeruk dapat mendukung fungsi pencernaan vitamin C yang tinggi dalam jeruk dapat meningkatkan kekebalan dalam tubuh serta jeruk juga melindungi dan meningkatkan jantung serta otot dalam tubuh jeruk juga sebagai sumber antioksidan yang menurunkan kadar racun

dalam tubuh bahkan jeruk dapat menurunkan resiko kanker kulit karsinoma sebesar 30%.


jeruk sendiri sekarang banyak diproduksi dengan berbagai cara,jeruk bisa dibuat menjadi jus dan berbagai jenis olahan minuman yang segar sirup permen, pewangi manisan dan masih banyak lagi


 di Indonesia sendiri banyak memproduksi jeruk dengan jenis yang berbeda-beda komoditas jeruk menempati urutan ketiga

Sebagai buah paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia dan ini mendorong produksi jeruk di Indonesia.


untuk dapat melewati target Kementerian Pertanian agar jeruk Indonesia dapat diekspor ke mancanegara ada beberapa Tahap yang harus di perhatikan.


Kali ini kita akan membahas dengan Tuntas tentang pertanian jeruk madu asal Toba produksi jeruk madu yang ada di Toba ini tidak kalah dengan kualitas produksi jeruk lainnya seperti jeruk Berastagi bersama narasumber kita Ibu Melinda Sinaga asal si bisa Kabupaten Toba Sumatera Utara.


melindas Sinaga adalah salah satu warga sibisa yang merupakan petani jeruk madu

berumur 64 tahun asal si bisa Kabupaten Toba.

Jeruk Manis Dari Sibisa Toba Ini Cara Dan Tips Menanam Dan Merawat
Jeruk Manis Dari Sibisa Toba Ini Cara Dan Tips Menanam Dan Merawat


sebelum fokus bertani jeruk madu Melinda Sinaga adalah seorang pemilik toko namun Melinda Sinaga merasa itu bukan hal yang disenanginya semenjak orang tua melinda Sinaga sakit dan membutuhkan banyak vitamin dengan mengkonsumsi buah jeruk membuat Melinda Sinaga ingin memproduksi buah jeruk sendiri secara langsung.


setelah Melinda fokus menekuni pertanian jeruk miliknya kini melinda Sinaga merasakan bertani jeruk membuat dia senang kecintaannya dalam bertani jeruk madu saat ini membuat Melinda Sinaga menjadi petani jeruk madu sukses asal Toba.


nama saya Melinda Sinaga Boru Sinaga asli saya penduduk Parapat saya fokus di pertanian jeruk pisang cabe tomat Karena dulu saya buka grosir tapi belakangan saya lihat perkembangannya udah mulai sepi jadi saya beralih ke pertanian Kenapa musti gengsi demi kesehatan juga bagus karena kalau kita bertani otomatis kesehatan kita

juga terjaga Kita juga bisa sekalian berolahraga, terus pikiran kita nggak kemana-mana fokus untuk pertanian

aja karena dulunya saya mengurus orang tua saya .


Kami dalam seminggu bisa mengkonsumsi jeruk 30 kilo satu minggu ternyata ya saya berpikir kenapa enggak ditanam aja. Ucap melinda Sinaga.


awalnya saya tanam 200 Batang untuk ujicoba Ternyata saya lihat bagus dan saya lanjutkan lagi. Kalau menurut saya Ya karena memang jeruk Berastagi saya bilang ini jeruk Berastagi karena ini bibitnya saya beli

beredar Berastagi Tapi menurut saya belinya dari Berastagi tumben jualnya pun eh pembelinya pun dari Berastagi yang datang sama saya .


terus kalau menurut saya jeruk dari Tobasa

paling bagus daripada jeruk them derestage Jadi tapi tuh karena kita bisa bertahan bilang lebih bagus tapi kita perhatikanlah

perawatannya Kalau menurut yang saya lihat di Berastagi sama tentu basa itu bagusnya jujur itu bahasa dari Berastagi.



katanya ya Jeruk Manis dari Berastagi memang saya beli bibitnya dari Berastagi

untuk mengelola 10 hektar ini kita butuh biaya butuh pegawai 12 orang kalau pada

saat panen, kita masih butuh untuk mengutip untuk memetik dari luar daerah sekitar 20 orang kalau memang ada.


lahan kita ya kita persiapkan dulu,ibaratnya bibit berapa-berapa yang ada.jadi kalau ada bibit kita sekitar 400-an  berarti kita siapkan lahan 11 hektar Karena antara jarak

yaitu lima kali lima.dari lima kali lima Kita gali lobang sedalam 20 cm baru kita masukkan ke kompos satu genggam baru kita tanam bibit yang tadi satu baru lima meter lagi kita tanam lagi sambungnya.


di tanah yang cocok bertekstur gembur berpasir hingga lempung berliat dengan kedalaman efektif lebih dari 60 cm  tingkat keasaman tanah atau pH yang optimum sekitar 5-7 jeruk manis cocok ditanam di daerah dengan ketinggian 7000 atau 1-300 meter diatas permukaan laut serta iklim relatif kering dan berada ditempat terbuka.


kondisi lahan yang akan ditanami harus bebas dari tanaman jeruk yang sakit minimal dua tahun sebelum tanam lokasi harus bersih dari tanaman pembawa Factor cvpd yakni diaphorina citri dan dari tanaman lain yang disukai hama tersebut seperti Kemuning dan tapak dara.


lokasi kebun harus berjarak minimum 3 km dari tanaman atau kebun jeruk yang sudah

terserang cvpd tahap ketiga yang harus kita lakukan yaitu pemilihan bibit yang baik.


stek adalah metode perbanyakan tanaman dengan menggunakan potongan tubuh tanaman seperti Akar Daun dan batang setelah memilih bibit yang bagus cara budidaya jeruk agar sukses selanjutnya adalah dengan menyiapkan media tanam.


media tanam yang tepat dalam penyiapannya tentu saja akan mempermudah pertumbuhan tanaman jeruk sahabat Tani.



Jika sudah mulai mengeluarkan daun muda berarti dia udah tumbuh baru kita bikin pupuk itupun cuman satu sendok keliling dari batang dulunya aku pakai pupuk cuman NPK aja karena itu kan udah ada pupuk daun ada pupuk batang kan sudah ada di situ itupun cuman satu sendok satu batang dulunya saya beli dari Berastagi  sudah di polibeg udah langsung siap tanam kalau hama itu selalu ada makanya kita harus persiapkan semprot.


jenisnya ada kutu-kutu babi ada kutu merah ada kabur-kaburan ibaratnya itu ke perangkap karena anak buah ini call kita pun membuat A1 baraknya memakai insect


 jadi kalau ibaratnya lalat buah ini kan terbang sampai empat meter kita bikin es lilin campur lem karena dia kan Kalau es lilin

itu kita bikin pewarna pewarna zat warna jadi kita bikin lagi yang merupakan sejenis warna kuning biar hama Menghindar supaya jeruk itu tetap terjaga setelah panen

kita harus lakukan pemupukan dan pemangkasan itulah tips Dalam bertani jeruk yang disampaikan oleh melinda sinaga Asal Tobasa.


Share this:



Comments

Popular Posts

Kumpulan Kata-Kata Selamat Ulang Tahun Bahasa Batak dan Artinya

Contoh Mandok Hata Di Acara Mangapuli Dalam Budaya Suku Batak

Kata Kata Ucapan Berduka Cita Dalam Bahasa Batak Toba Dan Artinya

Kumpulan Pantun Umpasa Batak Lucu Dan Gokil

Ucapan Selamat Atas Pernikahan Bahasa Batak Dan Artinya

Contoh Mandok Hata Di Esek-Esek Pesta Lahiran Pada Suku Batak

Kata-kata ucapan Ulang Tahun Bahasa Batak Untuk Ibu Dan Artinya

Umpasa Batak Untuk Anak Yang Baru Lahir

Kata-Kata Perpisahan Dalam Bahasa Batak Toba dan Artinya

Ucapan Ulang Tahun Bahasa Batak Untuk Ibu Dan Artinya