Harga Getah Pohon Pinus Diperkirakan Menanjak Naik Hingga Rp 25.000 Per Kg

AvatarOleh: Batanese.Pohon Pinus Adalah salahsatu kekayaan Alam indonesia yang penyebaranya dapat ditemukan di wilayah Pulau Jawa dan sumatera.Berdasarkan dari hasil penelitian yang di jabarkan oleh berbagai perusahaan yang menggunakan Getah pohon pinus sebagai bahan baku industri yang berfungsi sebagai bahan baku kebutuhan seperti cat,pelapis ban bagian luar,pembuatan plastik,sabun,dan sebagai penunjang bagi kesehatan salahsatunya adalah sebagai bahan pembantu untuk pereda stres.

Efek dari aroma getah finus tersebut dipercaya dapat menjadi terapi sebagai penyembuh penyakit stres.selain itu getah pinus juga dapat digunkan untuk gangguan pernapasan bronchitis atau penyakit pernafasan lainnya seperti sinus, pilek dan sesak nafas dapat memanfaatkan minyak essensial dari pinus. Caranya dengan menghirup aroma minyak essensial pinus yang telah dicampur air panas. 

Harga Getah Pohon Pinus Diperkirakan Menanjak Naik Hingga Rp 25.000 Per Kg
Proses penyadapan Getah Pohon Pinus


Bagi perusahaan Industri ,Getah pohon pinus ini seperti Tarpentin dipakai sebagai bahan baku pembuatan kosmetik, minyak cat, campuran bahan pelarut, antiseptik, kamper dan farmasi, terutama sebagai pengencer dalam industri cat.

Dafatar harga Getah pohon pinus per kg bulan November 2020 berada dikisaran Rp11.000-13.000. di sumatera salahsatunya adalah Kec.Pangaribuan tepatnya Dusun/desa Rahutbosi.

Menurut informasi dari warga maupun Toke sampai pengepul Getah Pohon Pinus di desa Rahutbosi Harga Getah Pohon Pinus ini di perkirakan akan menanjak Naik hingga mencapai Rp 25.000 per kg.pada akhir tahun 2020 ini.

Proses panen getah pinus ini biasanya dilakukan 1 kali selama seminggu.Tentunya ini sangat mendukung bagi masyarakat yang rata-rata sudah bekerja sebagai penyadap Pohon pinus sekitar 4 tahun belakangan ini.


kenaikan Harga getah Pohon Pinus tersebut tentunya akan meningkatkan nilai ekonomi bagi masyarakat setempat seperti desa Rahutbosi.

Untuk itu,bagi yang ingin menjual getah hasil sadapan dari pohon pinus ini untuk mempertahankan harga demi meningkatkan nilai ekonominya.itulah daftar harga getah pohon Pinus yang diperkirakan di akhir Tahun 2020 ini.





Harga Getah Pohon Pinus Diperkirakan Menanjak Naik Hingga Rp 25.000 Per Kg
kembali ke atas