Benarkah Fenomena Supermoon Pertanda Bencana Alam?

AvatarOleh:
Detikbatak.com|Benarkah Fenomena Supermoon Pertanda Bencana Alam?Supermoon atau fenomena alam adalah dimana saat posisi bulan lebih dekat dengan bumi terjadi sekian kali di bumi ini, fenomena periodik ini disebabkan oleh orbit bulan yang melintasi bumi tidak sepenuhnya bulan melainkan elips, sehingga ada saat dimana bulan lebih dekat dengan bumi. Fenomena fakta unik ini merupakan salah satu saat yang disukai karena sangat menarik untuk difoto.

Detikbatak.com|Benarkah Fenomena Supermoon Pertanda Bencana Alam?Supermoon atau fenomena alam adalah dimana saat posisi bulan lebih dekat dengan bumi terjadi sekian kali di bumi ini, fenomena periodik ini disebabkan oleh orbit bulan yang melintasi bumi tidak sepenuhnya bulan melainkan elips, sehingga ada saat dimana bulan lebih dekat dengan bumi. Fenomena ini merupakan salah satu saat yang disukai karena sangat menarik untuk difoto.            Sejumlah astronom meramalkan keadaan bulan ini akan mempengaruhi iklim di bumi, dan yang orang awam ketahui adalah keadaan pasang air laut yang lebih tinggi dan surut yang lebih rendah.Selama terjadinya fenomena ini, matahari, Bumi dan bulan berdiri sejajar. Daya gravitasi yang dilemparkan dari bulan dan matahari ke Bumi pada saat pensejajaran itu akan menyebabkan pasang surutnya permukaan air laut di Bumi.    Inilah yang membuat sejumlah orang percaya bahwa ada hubungan antara fenomena Supermoon dan terjadinya bencana. Namun ilmuwan NASA mengklaim belum menemukan korelasi apapun antara bencana alam yang terjadi di Bumi dengan fenomena ini.    Bagaimana dengan mitos yang menyatakan Supermoon sebagai pertanda bencana alaam? Sebab kalau kita melihat ke dua bencana tsunami yang hebat, tsunami Samudra India (Aceh) akhir Desember 2004 dan Jepang Maret 2011 keduanya terjadi beberapa hari sebelum terjadinya Supermoon.    Ini hanya mitos dan kebetulan yang dihubung-hubungkan saja.Dan kalau kita mau, kita bisa menghubung-hubungkan semua bencana alam yang terjadi seperti banjir Jakarta, angin puting beliung dengan yang terjadi di langit setiap malamnya apakah itu komet,bintang, matahari dan lain-lain. Kalau memang sudah takdir ya terjadi saja.
Supermoon

Sejumlah astronom meramalkan keadaan bulan ini akan mempengaruhi iklim di bumi, dan yang orang awam ketahui adalah keadaan pasang air laut yang lebih tinggi dan surut yang lebih rendah.Selama terjadinya fenomena ini, matahari, Bumi dan bulan berdiri sejajar. Daya gravitasi yang dilemparkan dari bulan dan matahari ke Bumi pada saat pensejajaran itu akan menyebabkan pasang surutnya permukaan air laut di Bumi.

Inilah yang membuat sejumlah orang percaya bahwa ada hubungan antara fenomena Supermoon dan terjadinya bencana. Namun ilmuwan NASA mengklaim belum menemukan korelasi apapun antara bencana alam yang terjadi di Bumi dengan fenomena ini.

Bagaimana dengan mitos yang menyatakan Supermoon sebagai pertanda bencana alaam? Sebab kalau kita melihat ke dua bencana tsunami yang hebat, tsunami Samudra India (Aceh) akhir Desember 2004 dan Jepang Maret 2011 keduanya terjadi beberapa hari sebelum terjadinya Supermoon.

Ini hanya mitos dan kebetulan yang dihubung-hubungkan saja.Dan kalau kita mau, kita bisa menghubung-hubungkan semua bencana alam yang terjadi seperti banjir Jakarta, angin puting beliung dengan yang terjadi di langit setiap malamnya apakah itu komet,bintang, matahari dan lain-lain. Kalau memang sudah takdir ya terjadi saja.

Benarkah Fenomena Supermoon Pertanda Bencana Alam?
kembali ke atas