Misteri Dan Legenda di Balik Batu Hobon Tempat Pusaka Siraja Batak

AvatarOleh:

Misteri Dan Legenda di Balik Batu Hobon Tempat Pusaka Siraja Batak


Dolok Pusuk Buhit adalah satu tempat yang banyak menyimpan cerita bersejarah, Pusuk Buhit terletak di Desa Limbong-Sagala, Kecamatan Sianjur Mula-mula, Kabupaten Samosir, berjarak sekitar 11-12 km dari Pangururan.



Menurut kepercayaan masyarakat Batak, Pusuk Buhit adalah sebagai tempat asal-muasal seluruh Suku Batak tepatnya di Sianjur Mula-Mula. 

Dalam perkembangannya, nenek moyang Suku Batak menyebar ke Desa Nawalu (delapan penjuru mata angin). Pada perbatasan Kampung Sagala dan Limbong (Sibumbung rumah) terdapat sebuah tempat keramat yang dianggap sakral bagi masyarakat setempat, bernama “Batu Hobon”.

Misteri Dan Legenda di Balik Batu Hobon Tempat Pusaka Siraja Batak   Dolok Pusuk Buhit adalah satu tempat yang banyak menyimpan cerita bersejarah, Pusuk Buhit terletak di Desa Limbong-Sagala, Kecamatan Sianjur Mula-mula, Kabupaten Samosir, berjarak sekitar 11-12 km dari Pangururan.          Menurut kepercayaan masyarakat Batak, Pusuk Buhit adalah sebagai tempat asal-muasal seluruh Suku Batak tepatnya di Sianjur Mula-Mula.     Dalam perkembangannya, nenek moyang Suku Batak menyebar ke Desa Nawalu (delapan penjuru mata angin). Pada perbatasan Kampung Sagala dan Limbong (Sibumbung rumah) terdapat sebuah tempat keramat yang dianggap sakral bagi masyarakat setempat, bernama “Batu Hobon”.      Batu Hobon Samosir Pusuk buhit     Dinamai batu ini batu hobon tentu dengan satu alasan bahwa batu ini berbentuk seperti hobon (peti) dan tutupnya berbentuk Cinta (Love). Dalam budaya Batak Toba, Batu Hobon diyakini sebagai tempat di mana pusaka Si Raja Batak tersimpan. Di dalamnya ada kitab pengobatan, senjata, alat musik dan juga beberapa barang bernilai ekonomis. Secara khusus Batu Hobon tidak lepas dari kisah tentang Saribu Raja.     Saribu Raja adalah cucu dari Si Raja Batak. Diceritakan, Saribu Raja mewarisi sebagian besar pusaka Si Raja Batak yang diwariskan secara turun temurun. Tetapi ketika akan pergi merantau, pusaka itu ia simpan di dalam sebuah batu.     Melalui meditasi, ia membelah sebongkah batu kemudian menutupnya lagi. Konon ia bertitah, batu itu tidak akan bisa dibuka sampai tiba pada waktunya. Cerita itu diwariskan secara turun temurun kepada generasi selanjutnya.
Batu Hobon Samosir Pusuk buhit

Dinamai batu ini batu hobon tentu dengan satu alasan bahwa batu ini berbentuk seperti hobon (peti) dan tutupnya berbentuk Cinta (Love). Dalam budaya Batak Toba, Batu Hobon diyakini sebagai tempat di mana pusaka Si Raja Batak tersimpan. Di dalamnya ada kitab pengobatan, senjata, alat musik dan juga beberapa barang bernilai ekonomis. Secara khusus Batu Hobon tidak lepas dari kisah tentang Saribu Raja. 

Saribu Raja adalah cucu dari Si Raja Batak. Diceritakan, Saribu Raja mewarisi sebagian besar pusaka Si Raja Batak yang diwariskan secara turun temurun. Tetapi ketika akan pergi merantau, pusaka itu ia simpan di dalam sebuah batu. 

Melalui meditasi, ia membelah sebongkah batu kemudian menutupnya lagi. Konon ia bertitah, batu itu tidak akan bisa dibuka sampai tiba pada waktunya. Cerita itu diwariskan secara turun temurun kepada generasi selanjutnya.
Misteri Dan Legenda di Balik Batu Hobon Tempat Pusaka Siraja Batak
kembali ke atas