Holat Sambal Tuk-tuk Makanan Khas Valuta


   SAMBAL tuk-tuk adalah bahasa daerah Mandailing Natal Sumatera Utara (Sumut), yang artinya sambal yang diulek dengan batu.    Kalau Anda berencana ke Mandailing Natal, makan kuliner yang satu ini patut masuk dalam daftar wisata kuliner Anda selama di sana.    Holat Sambal Tuk-tuk Makanan Khas Valuta   Berikut Cuplikanya Untuk Anda        Jangan Lupa Like, share dan SUBSCRIBE Untuk membantu kami merangkum berbagai cuplikan video bermanfaat terbaik lainya.    #resepsambaltuk-tuk  #sambaltuk-tuk  #kulinermandailingnatal  #makanankhasmandailing  #kulinervaluta  #kulinermadina        Jadi tak heran warung nasi Bang Enek terkenal dengan sambal tuk-tuknya yang mampu membuat setiap orang menikmatinya tak ingat kenyang.    "Warung ini ramai dikarenakan sambal tuk-tuk nya yang khas racikan orang Mandailing," kata Bang Enek kepada Okezone.    Sambal tuk-tuk merupakan makanan tradisional khas Mandailing yang memiliki racikan sepesial dan tersendiri, sehingga memiliki rasa yang pedas dan gurih.    "Sambal tuk-tuk memiliki rasa khas dimana racikannya yang menghasilkan rasa pedas dan gurih keasam-asaman," ujarnya    Secara garis besar bahan-bahan yang digunakan sambal tuk-tuk tidak berbeda dengan sambal lainnya, hanya yang membedakan ada bumbu andalimannya atau disebut orang Mandailing yakni antarsa. Andaliman atau antarsa adalah bumbu khas Mandailing Sumatera Utara. Rata-rata masakan khas Batak selalu ada bumbu andaliman sebagai penyempurnanya.    "Antarsa adalah bumbu yang membuat racikan sambal tuk-tuk menjadi khas Mandailing,"beber Bang Enek Rangkuti    Resep Sambal Tuk-tuk   1. Cabai merah atau hijau tergantung selera.    2. Bawang merah dan putih    3. Kemiri    4. Ikan teri kering    5. Garam Halus beryodium    6. Penyedap rasa    7. Jeruk Nipis atau Asam    8. Andaliman atau Antarsa    Andaliman atau antarsa adalah biji dari pepohonan yang tumbuh di hutan pegunungan yang udaranya dingin, jadi tak heran jika di mandailing banyak terdapat biji antarsa karena di Mandailing adalah daerah pegunungan yang subur.       Cara meracik sambal Tuk-tuk   Bersihkan cabai bulat yang merah atau hijau sesuai selera kita, lalu diulek di batu gilingan dan jangan lupa diberikan garam secukupnya, bawang merah dan bawang putih secukupnya. Lalu ditambahkan juga kemiri yang sudah dipanggang terlebih dahulu, dan andaliman atau antarsa,  lalu diulek atau digiling sampai rata mengunakan batu gilingan, tapi jangan terlalu halus ulekannya.      Baru ditambahkan ikan teri kering tadi, namun ikan teri yang kering  terlebih dahulu dipanggang menggunakan bara api di dalam tempurung atau alat apa saja selain tempurung kelapa tua.    "Setelah diulek hingga sempurna tinggal tambahkan sedikit penyedap rasa dan perasan air jeruk nipis atau air asa," tambah Bang Enek.
Holat Sambal Tuk-tuk Makanan Khas Valuta

SAMBAL tuk-tuk adalah bahasa daerah Mandailing Natal Sumatera Utara (Sumut), yang artinya sambal yang diulek dengan batu.

Kalau Anda berencana ke Mandailing Natal, makan kuliner yang satu ini patut masuk dalam daftar wisata kuliner Anda selama di sana.

Holat Sambal Tuk-tuk Makanan Khas Valuta


Berikut Cuplikanya Untuk Anda


Jangan Lupa Like, share dan SUBSCRIBE Untuk membantu kami merangkum berbagai cuplikan video bermanfaat terbaik lainya.

#resepsambaltuk-tuk
#kulinermandailingnatal
#makanankhasmandailing
#kulinervaluta
#kulinermadina



Jadi tak heran warung nasi Bang Enek terkenal dengan sambal tuk-tuknya yang mampu membuat setiap orang menikmatinya tak ingat kenyang.

"Warung ini ramai dikarenakan sambal tuk-tuk nya yang khas racikan orang Mandailing," kata Bang Enek kepada Okezone.

Sambal tuk-tuk merupakan makanan tradisional khas Mandailing yang memiliki racikan sepesial dan tersendiri, sehingga memiliki rasa yang pedas dan gurih.

"Sambal tuk-tuk memiliki rasa khas dimana racikannya yang menghasilkan rasa pedas dan gurih keasam-asaman," ujarnya

Secara garis besar bahan-bahan yang digunakan sambal tuk-tuk tidak berbeda dengan sambal lainnya, hanya yang membedakan ada bumbu andalimannya atau disebut orang Mandailing yakni antarsa. Andaliman atau antarsa adalah bumbu khas Mandailing Sumatera Utara. Rata-rata masakan khas Batak selalu ada bumbu andaliman sebagai penyempurnanya.

"Antarsa adalah bumbu yang membuat racikan sambal tuk-tuk menjadi khas Mandailing,"beber Bang Enek Rangkuti

Resep Sambal Tuk-tuk


1. Cabai merah atau hijau tergantung selera.

2. Bawang merah dan putih

3. Kemiri

4. Ikan teri kering

5. Garam Halus beryodium

6. Penyedap rasa

7. Jeruk Nipis atau Asam

8. Andaliman atau Antarsa

Andaliman atau antarsa adalah biji dari pepohonan yang tumbuh di hutan pegunungan yang udaranya dingin, jadi tak heran jika di mandailing banyak terdapat biji antarsa karena di Mandailing adalah daerah pegunungan yang subur.



Cara meracik sambal Tuk-tuk


Bersihkan cabai bulat yang merah atau hijau sesuai selera kita, lalu diulek di batu gilingan dan jangan lupa diberikan garam secukupnya, bawang merah dan bawang putih secukupnya. Lalu ditambahkan juga kemiri yang sudah dipanggang terlebih dahulu, dan andaliman atau antarsa,  lalu diulek atau digiling sampai rata mengunakan batu gilingan, tapi jangan terlalu halus ulekannya. 

 Baru ditambahkan ikan teri kering tadi, namun ikan teri yang kering  terlebih dahulu dipanggang menggunakan bara api di dalam tempurung atau alat apa saja selain tempurung kelapa tua.

"Setelah diulek hingga sempurna tinggal tambahkan sedikit penyedap rasa dan perasan air jeruk nipis atau air asa," tambah Bang Sumber https://lifestyle.okezone.com/read/2017/08/12/298/1754768/food-story-sambal-tuk-tuk-khas-mandailing-natal-pedas-gurihnya-bikin-lidah-bergoyang

Share this:



Comments

Popular Posts

Kata Kata Ucapan Berduka Cita Dalam Bahasa Batak Toba Dan Artinya

Kumpulan Kata-Kata Selamat Ulang Tahun Bahasa Batak dan Artinya

Contoh Mandok Hata Di Acara Mangapuli Dalam Budaya Suku Batak

Contoh Kata-Kata Rayuan Gombal Bahasa Batak Dan Artinya

Kumpulan Kata-Kata Mutiara Bahasa Batak Dan Artinya

Kunci Gitar Lagu Batak Jolma Biasa Arghado Trio

Kumpulan Pantun Umpasa Batak Lucu Dan Gokil

Kata-Kata Perpisahan Dalam Bahasa Batak Toba dan Artinya

Ucapan Selamat Atas Pernikahan Bahasa Batak Dan Artinya

Contoh Mandok Hata Pasahat Ulos Tondi (Mambosuri) Adat Suku Batak