Sejarah,Unsur,Fungsi dan Jenis Surat di Indonesia

Sejarah,Unsur,Fungsi dan Jenis Surat di Indonesia
Sejarah,Unsur,Fungsi dan Jenis Surat di Indonesia

Topik Referensi.Dari jaman purbakala sampai sekarang ini, Surat sudah menjadi termasuk kebutuhan yang tidak pernah lepas dari kehidupan sehari hari.
Disekolah,Perkantoran,Yayasan,maupun bagian bagian dunia kerja dan aktivitas lainya kita selalu berhadapan dengan Surat.

Seperti kita ketahui Surat adalah sarana komunikasi untuk menyampaikan informasi tertulis oleh suatu pihak kepada pihak lain.Surat juga memiliki beragam jenis maupun pembagian dari jenis Surat itu sendiri.Jika kita Telusuri serta mempelajarinya tentu surat memiliki Sejarah perkembanganya terutama di negara kita indonesia.

Untuk itu sebagai Topik Referensi,di bawah ini kami akan menjelaskan Sejarah,Unsur,Fungsi dan Jenis Surat di Indonesia.

Sejarah Surat Di Indonesia


Jaman dahulu kala. Surat sudah dikenal sebagai sebuah sarana menyampaikan ungkapan dalam bentuk tulisan. pembungkus surat atau amplop bisa berupa kain, kulit binatang, atau beberapa bagian sayuran. Mereka juga membungkus pesan mereka menggunakan lapisan tipis dari bambu yang di lengkapi penutup. Pengirimannya dilakukan dengan beberapa cara yang sangat unik. Diantaranya mengirimkan dengan cara menerapungkan surat  yang dimasukan kedalam sesuatu yang bisa mengapung di laut. Kemudian pegiriman dengan menggunakan binatang (Khususnya burung merpati). Cara ini menjadi sebuah pengiriman surat yang sangat populer di masa itu.

Tentu saja akurasi atau ketepatan sampainya surat tersebut, masih menjadi pertanyaan. Karena pengiriman tersebut bisa saja tidak sampai, atau bisa juga sampai kepada penerima yang tidak semestinya. Meski demikian, cara pengiriman tersebut menjadi awal sejarah yang sangat penting dalam perkembangan pengiriman surat di indonesia.

Berikutnya, sistem pengiriman pos di Indonesia sudah mulai sejak kerajaan Majapahit,Sriwijaya dan Tarumanegara dalam bentuk tertulis atau surat menyurat hurup yang di gunakan adalah huruf palawa serta menggunakan pena yang terbuat dari bulu tunggal Ayam.

Pada waktu itu surat di buat menggunakan batu,kayu,maupun kulit bambu yang di iris tipis tipis dan menggunakan daun lontar.

Dalam hal ini, ditengah perkembangan media elektronik, Surat dalam bentuk tulisan tangan di media kertas tetap menjadi salah satu media yang sangat penting. Sebagai contoh, dalam setiap peneriamaan pekerjaan, surat lamaran selalu ada sebagai salah satu syarat lamaran yang formal. Baik di perusahaan swasta maupun instansi dalam pemerintahan. Surat (dalam kertas) adalah syarat yang sangat penting di jaman sekarang.

Unsur Surat


Sebagai salah satu bentuk komunikasi tertulis, surat mempunyai unsur yang terlibat di dalamnya, yaitu:

Pengirim Yaitu orang atau organisasi tertentu yang menyampaikan pesan.
Pesan Yaitu isi surat berupa informasi, instruksi, gagasan, atau perasaan pengirimnya.
Penerima Yaitu  orang atau organisasi tertentu yang menerima pesan.
Saluran Yaitu bagaimana pesan tersebut  diformulasikan dalam ragam bahasa tulis dan disajikan dalam format yang sesuai dengan keperluan.

Fungsi Surat


Pada umumnya fungsi sebuah Surat yang berupa tulisan tersebut mencakup lima hal yaitu:

1.Surat sebagai sarana peberitahuan yang berupa permintaan, buah pikiran atau gagasan. Dalam hal ini surat merupakan sebuah pemikiran yang diberikan kepada pihak lain.

2.Surat sebagai alat bukti tertulis. Dalam hal ini, surat berfungsi sebagai bukti otenting yang memuat informasi dan dilengkapi dangan data yang valid (memiliki identitas yang lengkap).

3.Surat sebagai alat pengingat. Dimana surat digunakan sebagai lebaran memory atau data yang tersimpan berupa Arsip.

4.Surat sebagai bukti historis. Disini surat berfungsi sebagai sebuah bukti perjalanan dengan jelas, karena penanggalan dalam surat menjadi salah satu point penting dalam pembuatannya.

5.Surat sebagai pedoman kerja. Terkadang surat memang berisi sebuah tutorial pegerjaan sesuatu, sehingga bisa juga disebut sebagai sebuah pedoman kerja.


Jenis Surat 


1.Surat Undangan

surat undangan adalah surat yang berisikan permintaan,ajakan atau permohonan supaya pihak yang dikirimi surat dapat menghadiri kegiatan yang diadakan oleh sipengirim surat tersebut.seperti contoh surat undangan pernikahan,surat undangan perayaan,baik itu perayaan formal maupun non formal.

Hal yang harus diperhatikan dalam membuat surat undangan harus di terapkan dengan tata sisipan kalimat dengan aturan:

Harus menggunakan bahasa yang sopan,dan tidak mengandung kata kata kasar.karena sifat dari surat ini bermakana ajakan atau permohonan.

Maksud dalam surat undangan harus jelas seperti kode lokasi atau tempat,waktu dan bentuk jalanya acara yang akan di selenggarakan.

Mencantumkan identitas pengundang dengan jelas,beserta orang orang yang mengundang.

2.Surat Pribadi

Surat pribadi adalah surat yang dikirim seseorang kepada orang lain yang isinya bersifat pribadi atau perseorangan.surat ini terbagi dua kategori yaitu kategori formal dan non formal karena dalam penulisan surat ini tergantung dari kepada siapa surat akan di tujukan.

Ciri surat pribadi categori non formal sebagai berikut:

-Tidak memiliki kop surat.
-Tidak menggunakan nomor surat.
-Surat pembuka dan penutup bervariasi tergantung keinginan si pembuat surat.
-Menggunakan bahasa bebas sesuai keinginan si penulis surat.

-Semua bagian surat bisa menggunakan format bebas dan memakai kata kata pengucapan yang di gunakan di kehidupan sehari hari.


Ciri surat pribadi formal adalah  sebagai berikut:

-Memiliki kop surat
-Menggunakan nomor surat
-Menggunakan tanggal surat
-Memliki slam pembuka dan penutup yang halus dan sopan
-Menggunakan bahasa yang sopa dan teratur

Biasanya surat kategori formal ini di gunakan sebagai hubungan antar  pihak pihak pejabat resmi .

3.Surat Perjanjian

Surat perjanjian adalah surat yang dibuat untuk kesepakatan antara dua belah pihak,seperti pihak pertama dan pihak ke dua terhadap suatu hal yang menjadi dasar yang kuat dalam hal yang sedang dilakukan mauapun di jalankan di saat sekarang maupun saat mendatang .surat perjanjian ini memiliki banyak hal dan bagian bagian yang di pergunakan sesuai kebutuhan baik dari kebutuhan individu maupun kelompok atau organiasasi tertentu.surat kesepakatan dan perjanjian tersebut  akan menjadi patokan atau satuan yang kuat dalam menjalan kan sistem tertentu seperti contoh surat perjanjian kerja,surat perjanjian beli tanah,rumah dan lain sebagainya.

4. Surat Resmi

Surat resmi adalah surat yang digunakan untuk kepentingan resmi baik oerseorangan ,instansi,yayasan,atau organisasi tertentu.

 Seperti surat edaran,surat pembertahuan atau surat undangan.


Cirinya seperti berikut:

-Memiliki nomor surat,lampiran ,hal dan perihal.

-Menggunakan salam pembuka dan penutup yang lazim.

-Memakai bahasa resmi yang beragam

-Memiliki stempel  atau cap dari lembaga pengirim surat resmi

-Memikiki aturan surat format yang baku

-Menggunakn kop surat jika surat itu dikeluarkan oleh yayasan atau organisasi.

5.Surat Kuasa

Surat kuasa adalah surat adalah surat yang di buat untuk membuktikan atau menjamin seseorang atau lembaga,bahwa telah diberirikan wewenang,kewenangan atau kuasa oleh suatu pihak terhadap sesuatu hal yang penting.

6.Surat Dinas

Surat dinas digunakan untuk kepentingan pekerjaan formal.seperti instansi dinas atau tugas kantor,surat ini penting dalam pengelolaan admnistrasi dalam suatu instansi.

 Fungsi dari surat dinas adalah sebagai dokumen bukti yang tertulis sebagai bahan pengingat yang berkaitan dengan arsip,bukti histori dari perkembangan suatu instansi dan pedoman kerja dalam bentuk surat keputusan dan surat instruksi.


Cirinya seperti berikut:

-Menggunakan nomor surat lampiran hal dan perihal.

-Menggunakan bahasa salam pembuka dan salam penutup yan baku.

-Menggunakan kop surat dan instansi ,atau lembaga maupun yayasan yang bersangkutan.

-Menggunakan stempel atau cap dari instansi atau lembaga dari kantor pembuat surat.

-Memakai format surat yang tentu

7.Surat Niaga

Surat niaga di peruntukkan bagi badan atau lembaga yang menyelenggarakan kegiatan usaha niaga seperti industri dan usaha jasa.

Surat ini sangat bermanfaat dalam membangun hubungan dengan pihak luar,sehingga harus disusun dengan sebaik mungkin dan rapi.


Cirinya seperti berikut:

-Terdiri dari surat jual beli,kwitansi dan perdagangan.

-Surat niaga terdiri dari dua bagian yaitu:

-Surat niaga internal dan surat niaga eksternal.

Contoh surat niaganya yaitu berupa surat penawaran dan surat penagihan.

8.Surat Lamaran Pekerjaan

Surat lamaran pekerjaan adalah surat yang ditulis perseorangan,kepada suatu instansi ,yayasan,atau perusahaan dengan maksud melamar pekerjaan.Surat lamaran pekerjaan termasuk dalam kategori surat dinas atau surat resmi.

Oleh karena itu harus memiliki aturan tertentu yang harus di perhatikan dakam penulisanya.


Cirinya seperti berikut:

-Tempat dan tanggal pembuatan surat

Memiliki lampiran

-Memakai hal /perihal surat

-memiliki Alamat tujuan yang jelas

-memiliki Salam pembuka dan salam penutup

-Memiliki isi bagian surat seperti  paragraf terbuka,isi surat dan paragraf penutup

-memiliki Tanda tangan penulis surat

-memiliki Nama jelas dari penulis surat.

9.Surat Elektronik

Surat elektronik adalah surat yang sistem pengirimanya menggunakan jaringan atau internet.pada jaman sekarang sistem pengiriman surat ini sudah banyak digunakan.Tidak seperti surat pada umumnya yang memakai alat pembayaran pengiriman berupa perangko.surat elektronik sudah umum di pakai oleh pihak pihak organisasi,perusahaan,sekolah,bahkan sistem pengiriman surat pribadi sudah banyak yang menggunakan fasilitas dari surat elektronik ini,karena proses pengiriman yang cepat menggunakan jaringan internet,disamping itu juga sangat menghemat biaya karena sudah bisa dinikmati dari Hp.contohnya berupa email dan Gmail dan sebagainya.


Itulah Sejarah,Unsur,Fungsi dan Jenis Surat di Indonesia.
jenis atau macam surat yang dipakai di kehidupan sehari hari,namun disamping itu masih banyak pembagian atau perpecaha dari surat surat yang di sebutkan diatas,Jika Anda Mengetahuinya Silahkan Tulis di komentar Untuk di sunting dan di perbaharui kembali Untuk membawa manfaat yang lebih baik kedepanya.

Share this:



Comments

Popular Posts

Kumpulan Kata-Kata Selamat Ulang Tahun Bahasa Batak dan Artinya

Contoh Mandok Hata Di Acara Mangapuli Dalam Budaya Suku Batak

Kata Kata Ucapan Berduka Cita Dalam Bahasa Batak Toba Dan Artinya

Ucapan Selamat Atas Pernikahan Bahasa Batak Dan Artinya

Contoh Mandok Hata Di Esek-Esek Pesta Lahiran Pada Suku Batak