Pengertian Topik dan Referensi

AvatarOleh:

Pengertian Topik

Topik Referensi.Kata Topik bersal dari bahasa Yunani yaitu:topoi yang pengertianya adalah inti utama dari seluruh isi Tulisan yang hendak disampaikan atau lebih dikenal dengan topik Pembicaraan. Topik adalah hal yang pertama kali ditentukan ketika penulis akan membuat tulisan maupun karangan artikel.
Pengertian Topik dan Referensi
Topik

Topik yang masih awal tersebut, selanjutnya dikembangkan dengan membuat cakupan yang lebih sempit atau lebih luas.Terdapat beberapa kriteria untuk sebuah topik yang dikatakan baik, diantaranya adalah topik tersebut harus mencakup keseluruhan isi tulisan, yakni mampu menjawab segala pertanyaan akan masalah apa yang hendak ditulis.

Ciri utama dari topik adalah cakupannya atas suatu permasalahan masih bersifat umum dan tidak diuraikan secara lebih mendetil

Topik biasa terdiri dari satu satu dua kata yang singkat, dan memiliki persamaan serta perbedaan dengan tema karangan.

Persamaannya adalah baik topik maupun tema keduanya sama sama dapat dijadikan sebagai Judul karangan.

Sedangkan, perbedaannya ialah topik masih mengandung hal yang umum,sementara tema akan lebih spesifik dan lebih terarah dalam membahas suatu permasalahan.

jika menurut saya sendiri pengertianTopik adalah Pokok pembicaraan, pokok bahasan,
 atau Masalah yang akan dibahas.
 Sebagai pokok atau Referensi bahasan, topik harus di identifikasi
terlebih dahulu.

pada waktu sebelum kegiatan menulis
dilakukan.Topik bisa juga disebut pokok bahasan yang dapat mengantarkan seorang penulis untuk menghasilkan sebuah tema dari penelitian yang dilakukan.
Topik dapat terdiri dari satu kata atau dua saja. Topik ini dapat di kembangkan menjadi sebuah tulisan yang harus di identifikasi agar terkuak apa maksud dibalik topik yang dipilih seperti contohnya Tulisan berupa artikel. Jadi kita harus memilih salah satu agar kita bisa mengembangkan topik tersebut lebih spesifik lagi.

Seperti halnya kita dalam membangun sebuah situs blog tentunya kita pasti memilih topik yang akan di jadikan menjadi pembahasan yang lebih mendalam dan luas.yaitu dengan adanya artikel artikel yang di tulis secara mendetail dan relevan yang berhubungan penuh dengan Topik yang sudah di pilih tersebut.


Pengertian Referensi

Referensi adalah sesuatu yang digunakan pemberi informasi atau berita. Baik bentuk tulisan maupun pembicara untuk memperkuat pernyataan dengan tegas.Referensi bisa juga di sebut rujukan atau acuan.

Pengertian Topik dan Referensi
referensi
Referensi dapat berupa faktual maupun non faktual.Referensi faktual terdiri atas kesaksian, statistik contoh, dan objek aktual. Referensi dapat berwujud dalam bentuk bukti, nilai-nilai, dan/ atau kredibilitas. Sumber materi Referensi adalah tempat materi tersebut ditemukan.

seperti contohnya ketika kita menemukan berbagai macam pembahasan dari sebuah buku,dan kita mengembangkan pembahasan tersebut dan membuat buku tersebut menjadi sumber referensi atau rujukan untuk pembahasan kita nantinya
itulah pengertian Topik dan Referensi.

Pengertian Topik dan Referensi
kembali ke atas