Khasiat Dan Manfaat Buah Pete Untuk Anggota Tubuh

AvatarOleh:
Petai, pete (IPA:pətɛ), atau mlanding (Parkia speciosa) merupakan Pohon tahunan tropika dari suku polong-polongan (Fabaceae), anak-ku suku petai-petaian (Mimosoidae). Tumbuhan ini tersebar luas di Nusantara bagian barat. Bijinya, yang disebut "petai" juga, dikonsumsi ketika masih muda, baik segar maupun direbus.
Pohon petai menahun, tinggi dapat mencapai 20m dan kurang bercabang.

Daunya majemuk, tersusun sejajar. Bunga majemuk, tersusun dalam bongkol (khas Mimosoidae). Bunga muncul biasanya di dekat ujung ranting. Buahnya besar, memanjang, betipe buah polong. Dari satu bongkol dapat ditemukan sampai belasan buah. Dalam satu buah terdapat hingga 20 biji, yang berwarna hijau ketika muda dan terbalut oleh selaput agak tebal berwarna coklat terang. Buah petai akan mengering jika masak dan melepaskan biji-bijinya.

Biji petai, yang berbau khas dan agak mirip dengan jengkol, dikonsumsi segar maupun dijadikan bahan campuran sejumlah menu. sambal goreng hati tidak lengkap tanpa petai. sambal petai juga merupakan menu dengan petai.

Biji petai biasanya dijual dengan menyertakan polongnya. Namun, pengemasan modern juga dilakukan dengan mengemasnya dalam plastik atau dalam stirofoam yang dibungkus plastik kedap udara.(sumber:wikipedia)

Khasiat Dan Manfaat Buah Pete Untuk Anggota Tubuh
Khasiat Dan Manfaat Buah Pete Untuk Anggota Tubuh
Topik Referensi.Banyak orang yang menghindari Buah Pete karena baunya yang kurang sedap. Akan Tetapi ternyata Buah Pete memiliki Khasiat dan Manfaat Untuk Anggota Tubuh yang jarang diketahui di kalangan masyarakat.

Tubuh mendapat suplai kalsium dari makanan dan minuman yang kita asup setiap hari, meskipun dapat juga diperoleh dari suplemen. Menurut para ahli, upaya mendapatkan asupan kalsium dari bahan makanan atau minuman karena lebih aman, tanpa efek samping.

Rata-rata besar dikalangan masyarakat indonesia terlebih orang tua kita sering mengkonsumsi petai ini dan mereka jarang mempunyai masalah dengan tulang. Proses penuaan jaringan ikat yang dibangun oleh kolagen yang terdapat pada kulit, otot, tulang, rambut dan kuku. Maka kita sarankan kepada orang tua kita agar mengonsumsi petai supaya otot atau tulang tetap kokoh dan kuat.


PETAI mengandung gelatin yang dapat dicerna oleh tubuh untuk minsintesa kolagen..

PETAI juga mengandung Albumin adalah protein plasma tubuh kita yang mencapai 60%.

PETAI mengandung serat untuk membantu Pencernaan bekerja sama dengan gelatin dan mineral Kalium, Kalsium, Posfor dan Besi yang dikandungnya.

Seperti diketahui, Pohon Petai dikenal varietas Petai. Kita bisa makan buah itu dengan cara dimakan langsung, di jus, minuman siap saji, sorbets, kue, dan lain lain.


Hal ini menghasilkan banyak kebaikan, tapi yang paling menarik adalah efek yang dihasil kan pada kista dan tumor dari buah ini adalah obat yang terbukti melawan Semua jenis kanker.

Petai dianggap juga sebagai Spektrum anti mikroba diantara nya:

1. Infeksi bakteri dan jamur.

2. Efektif terhadap parasit internal dan cacing.

3. Dapat mengatur tekanan darah yang terlalu tinggi.

4. Anti depresan, memerangi stres dan gugup.

5. Mempertahankan kadar gula.

6. Menimbulkan rasa nyaman atau rilex.


Senyawa buah ini menunjukkan 10.000 x lebih baik dari produk adriamycin, obat kemoterapi biasanya digunakan di dunia, memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Dan bahkan yang lebih mencengangkan adalah terapi dengan ekstrak petai, hanya menghancur kan sel-sel kanker ganas dan tidak mempengaruhi sel-sel sehat.


Sering dijumpai problem pada :

* TULANG

* LUTUT SAKIT

* Dan PERSENDIAN-PERSENDIAN Tulang pada waktu  berdiri atau berjalan kaki.


Manfaat Buah Pete


Integritas Tulang

Protein yang ada dalam pete ini sangat baik dikonsumsi untuk mencegah sekaligus mempercepat proses penyembuhan patah tulang pinggul dan menurunkan kesejatan tulang pada orang tua. Dari hasil penelitian membuktikan jika kandungan protein yang juga ada dalam pete ini sangat baik untuk pertumbuhan tulang, pemeliharaan tulang dna juga pembaharuan tulang.

Mencegah Osteoporosis

Pete yang memiliki aroma khas ini juga memiliki kandungan kalsium yang sangat baik untuk perkembangan tulang dan juga massa tulang. Mencukupi kebutuhan kalsium harian dengan cara mengkonsumsi pete ini sangat baik untuk mengurangi risiko terkena osteoporosis atau pengeroposan tulang. Osteoporosis bisa menyebabkan tulang patah di area tulang belakang yang akan menimbulkan rasa sakit kronis dan lebih sering menyerang wanita lebih tua dibandingkan dengan pria.

Memelihara Kesehatan Tulang

Fosfor merupakan senyawa penting yang dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan dan juga pemeliharaan tulang dan juga gigi. Manfaat Fosfor yang juga terkandung dalam pete ini berfungsi untuk menguatkan tulang dan jika kekurangan fosfor dalam tubuh makan bisa membahayakan karena bisa menyebabkan tulang menjadi keropos atau dikenal dengan osteoporosis. Selain itu, kandungan fosfor dalam pete juga bermanfaat untuk mengurangi masalah kehilangan kepadatan tulang atau hilangnya mineral dalam tubuh.

Mengurangi Rasa Sakit Patah Tulang

Pete juga mengandung vitamin C tinggi yang bermanfaat untuk tulang selain banyak manfaat vitamin C untuk kulit. Dari sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal Bone tahun 2007 mengatakan jika vitamin C sangat penting untuk mengurangi rasa sakit yang terjadi karena patah pergelangan tangan.

Meningkatkan Kepadatan Tulang

Dalam pete juga mengandung karbohidrat kompleks yang sangat baik untuk meningkatkan kepadatan massa tulang sekaligus meningkatkan penyerapan kalsium. Perlu diketahui jika tidak semua jenis karbohidrat berbahaya untuk tubuh khususnya kesehatan tulang sendi, sebab manfaat karbohidrat yang ada dalam pete dan juga beberapa jenis buah serta sayur lain juga sangat bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan kepadatan tulang.

Meningkatkan Masa Tulang

Kalsium yang ada dalam pete juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Kalsium dalam bentuk kalsium fosfat adalah salah satu jenis mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk membangun massa tulang dan menjaga kesehatan tulang secara menyeluruh sehingga tidak mudah rapuh dan patah.

Merawat Tulang

Sedangkan kandungan paling utama dalam pete yakni sulfur atau sering juga disebut dengan belerang sangat bagus untuk merawat tulang. Selain itu, belerang dalam pete juga sangat baik untuk membantu mengatasi masalah kesehatan tulang lain seperti arthritis, rheumatoid arthritis dan juga osteoarthritis. manfaat Sulfur juga baik untuk membantu dalam proses pemecahan deposit kalsium yang tidak sehat dalam tubuh yang menjadi penyebab dari penyakit degeneratif.Manfaat pete untuk tulang sangatlah beragam terutama karena kandungan sulfur atau belerang, beberapa jenis vitamin dan juga mineral didalamnya.

Mengobati Penyakit Diabete/Gula Darah

Rasa pahit pada buah pete bisa menjadi obat ampuh untuk penderita diabetes atau darah manis. Pembuktiannya sudah benar-benar teruji sejak ratusan tahun lalu hingga sekarang. banyak orang yang sembuh total dari khasiat buah petai.

Mengurangi Kolestrol

Zat yang terkandung di dalam buah petai seperti antioksidan dan zat lainnya bisa membantu mengurangi kolesterol secara cepat.

Sebagai Obat Sakit Jantung

Dengan kemampuan mengurangi kolesterol dan hipertensi secara ampuh, hal ini juga membantu mengurangi dan mengobati penderita sakit jantung.

Meredakan Depresi

Kandungan zat tryptopan dalam buah petai merupakan faktor utama yang dapat mengurangi tingkat depresi sesorang. Berikut kelebihan zat tryptopan yang ada pada pete

1.Tubuh akan terasa lebih rileks
2.Meningkatkan rasa mood dan mengontrol rasa emosi
3.Meningkatkan rasa tenang dan bahagia

Mencegah gangguan Pms

Pre Menstrual Syndrome (PMS) pada umumnya perempuan dapat cepat berubah mengenai rasa mood dan rasa emosinya. Maka dengan mengkonsumsi pete ini mampu menstabilkan rasa tersebut. Karena itu pengaruh dari zat tryptophan yang terkandung di dalam pete. Selain itu kandungan vitamin B1 juga mampu mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

Mencegah Penyakit Anemia

Kandungan Vitamin B yang tinggi pada buah petai bisa memperbaiki stamina dalam tubuh sehingga dapat juga mengobati penyakit anemia. Efek dari anemia sendiri berupa:
1.5 L (lemah, lesu, letih, lemas, lunglai)
2.rasa pusing dan mual-mual
3.tubuh tidak bertenaga
4.gampang terserang penyakit ringan
5.produktivitas tidak optimal setiap harinya

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Dengan mengkonsumsi buah pete dapat menurunkan tekanan darah tinggi pada seseorang.

Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Kandungan zat kalium dalam pete dapat meningkatkan kognitif yaitu berupa kemampuan daya ingat, kemampuan rekognisi pola, dan kemampuan mempersepsikan dengan indera.

Mencegah Rasa Sesak Akibat Kekenyangan

Mengkonsumsi pete juga bisa mencegah rasa begah dan sesak dikala makan yang terlalu banyak, efek ini disebut efek antasida.

Menghilangkan Rasa Gatal Akibat Gigitan Nyamuk

Manfaat kulit pete ternyata dapat membantu mengurangi rasa gatal akibat gigitan nyamuk. Caranya dengan menggosok-gosokan kulit pete pada kulit yang gatal.

Mencegah Kegemukan Pada Tubuh

Buah pete memiliki kandungan serat yang mampu mengikat lemak sehingga dapat mencegah kegemukan pada tubuh.

Menyehatkan Lambung

Biji pete ini sangat bermanfaat untuk lambung hal ini karena dapat menetralisir asam lambung, mengurangi iritasi dan luka pada lambung, dan mencegah infeksi.

Menurunkan Suhu Pada Tubuh

Buah dan biji pete berkhasiat unutk menurunkan suhu tubuh bahkan buah pete ini dikenal juga sebagai buah dingin.

Mencegah Penyakit Stroke

Berdasarkan ungkapan dari The New England Journal of Medicine menyatakan bahwa mengkonsumsi pete dapat mengurangi penyakit stroke.

Membantu Proses pemberhentian Merokok

Vitamin B2, B12, magnesium, dan kalium yang terkandung pada buah pete membantu dalam berhenti untuk kebiasaan merokok.

Mengandung Antioksidan

Manfaat antioksidan yang terkandung dalam pete yaitu meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh sehingga mencegah dari serangan penyakit.

Memperbaiki Sistem Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi pada pete ini sangat bermanfaat untuk mencegah gangguan pencernaan diantaranya :
1.Sembelit
2.Nyeri Perut
3.Diare
4.Mules-mules
5.Susah Buang Air Kecil

Dan pete ini juga bermafaat untuk organ yang lain seperti ginjal, jantung, dan sangat bagus untuk pengobatan diabetes. Tapi meskipun banyak manfaatnya jangan terlalu banyak mengkonsumsi pete ini karena dapatnya akan menimbulkan bau yang tidak enak bahkan bisa menggangu kenyamanan lingkungan sekitar.

Sebagai Pelengkap Menu Makanan

Meskipun keberadaan buah pete ini banyak orang yang tidak suka namun makanan yang terkandung buah pete ini juga digemari oleh masyarakat. Hal ini terbukti banyaknya olahan makanan yang menggunakan pete seperti :
1.Sayur Lodeh
2.Sambal Goreng Krecek
3.Tumis Tauge
4.Sambal Goreng Ati dan Kentang

Buah pete juga terkadang dijadikan untuk campuran menu masakan karena memiliki warna hijaunya yang menarik.
itulah Khasiat Dan Manfaat Buah Pete Untuk Anggota Tubuh

Khasiat Dan Manfaat Buah Pete Untuk Anggota Tubuh
kembali ke atas