Misteri Mitologi Nusantara Tanah Batak Homang dan Si Gulambak

AvatarOleh:

Topik Referensi.Tahukah kamu Bahwa Misteri Nusantara atau Mitologi dari tanah Batak masih banyak yang belum terungkap bahkan menjadi pertanyaan besar di setiap kalangan generasi penerus dari suku Batak.

Konon katanya,Misteri misteri ini memang benar terjadi secara  nyata menurut pengakuan Tetuah suku Batak yang masih hidup sampai sekarang.

salah satunya yang akan kami bahas yaitu

Misteri Mitologi Nusantara Tanah Batak Homang dan Si Gulambak

Homang

Homang sebenarnya jika di angkat ke bahasa biologinya adalah sama persis seperti orang Utan atau siamang.memang jika kita melihat sekilas dari binatang ini sangat seram apalagi jika memperhatikan dari ujung kaki sampai ke ujung rambut.

Misteri Mitologi Nusantara Tanah Batak Homang dan Si Gulambak
Homang

Namun Misteri Homang yang berasal dari tanah Batak ini menurut ceritanya lain seperti orang utan pada umumnya.
Homang ini lebih menyerupai bentuk badan manusia,berbulu,tinggi dan memiliki ukuran badan lebih besar dari pria dewasa.

konon Telapak kaki dan tanganya posisinya terbalik jari jemari Homang ini menghadap ke belakang.

kejadian yang pernah secara nyata yaitu di kampung saya tepatnya di Rahutbosi kec.pangaribuan menurut cerita dari nenek saya Ada satu Gunung yang bernama Dolok saut(Gunung Saut),dimana Gunung ini lumayan jauh dari perkampungan penduduk.

setiap penduduk Memasak nasi selalu menggunkan kayu bakar,dan Dolok Saut ini adalah salah satu Gunung yang memiliki kayu bakar yang melimpah untuk di bawa pulang ke rumah sebagai bahan untuk memasak makanan.

Namun di balik itu jika kita berada di Gunung saut ini di larang keras untuk mengeluh dan mengucapkan kata kata kotor karena penghuni gunung ini yaitu Homang bisa saja membuat kita kesasar dan tidak pernah tau arah jalan pulang.

selain itu,jika hari sudah sore di wajibkan sudah harus balik dari gunung saut ini karena jika hai telah gelap bisa saja homang ini datang memanggil manggil seperti suara manusia,yang mengundang kita untuk menjumpainya rupanya dia bukan lah manusia tapi Homang yang akan semakin membawa kita masuk kedalam hutan belantara  dan pastinya akan kesasar. selain kesasar bisa juga kita menjadi santapan binatang buas yang ada di puncak gunung belantara ini seperti harimau,ular besar dan binatang lainya.

Menurut Versi kisah seribu Raja,ketika melewati suatu hutan rimba belantara yang sudah berlimut dimana di hunu oleh para homang dan harimau,ia pernah bertemu dan berkelahi langsung dengan si homang.namun menurut cerita akhirnya ia menikah dengan putri si homang,seorang wanita cantik berwujud manusia bernama Nai Manggiring Laut.dari perkawinan ini Lahir lah si Raja Bor-bor.

Si Gulambak(Gulambak)

Menurut Kisah cerita dari tuah tuah orang batak selain Homang ada juga mahluk misteri Mitologi nusantara di tanah Batak yang dinamakan Sigulambak(Gulambak).

 Mahluk ini katanya menyerupai Hewan kambing,ada juga yang mengatakan seperti kuda yang berjalan di atas kakinya  yang suka tercengar cengir ketika tau dirinya jumpa dengan manusia.

sigulambak
sigulambak

menurut mitologinya mahluk ini suka usil tetapi tidak bermaksud mencelakai manusia,namun suka mengganggu atau menggoda manusia yang berjalan sendirian.

dengan secara tiba tiba muncul menyeringai,menghadang manusia menguntit untit dari belakang bahkan suka mencolek dari belakang atau menggelitiki manusia yang di ganggunya.

menurut cerita,jika sentuhan tanganya menyentuh kulit kita maka akan tumbuh rambut hitam di kulit yang di sentuhnya yang akan menyerupai bulu bulunya.bahkan bekas kakinya pun terbalik jika arah jarinya kebelakang namun tubuhnya menghadap ke depan dan memiliki perwakan wajah yang sangat menyeramkan.

kemunculanya sering terjadi di malam hari tepat pada bulan purnama  di tempat sepi yang suka di lalui manusia.

itulah Misteri Mitologi Nusantara Tanah Batak Homang dan Si Gulambak yang sangat di takuti hingga sekarang.


Misteri Mitologi Nusantara Tanah Batak Homang dan Si Gulambak
kembali ke atas