Resep dan Cara Memasak Ikan Arsik Menggunakan Tubis(Rebung Bambu)

AvatarOleh:
Topik Referensi.Apakah Pernah?kamu Menikmati atau sekedar Mencicipi Masakan Ikan Arsik yang berasal Dari Toba Sumatera Utara Yang Satu Ini? 

Resep masakan yang diolah dari bahan alam yang satu ini khas dari suku batak toba, tak lain dan tak jarang masakan ini hampir sama dengan arsik biasa nya hanya saja arsik ini menggunakan bahan tambahan yaitu TUBIS (REBUNG) atau biasa dibilang dengan tunas bambu yang masih muda.


Resep dan Cara Memasak Ikan Arsik Menggunakan Tubis(Rebung Bambu)


Bagi para pecinta makanan kuliner khas batak toba bisa menerapkan resep ini di dalam kebutuhan keluarga anda sebagai bahan olahan makanan yang bisa memanjakan dan memberikan sesuatu yang istimewa dihadapan keluarga tercinta.

TUBIS atau REBUNG adalah merupakan jenis tumbuhan yang tergolong kecambah yang muncul dengan tumbuhnya tunas baru di antara bambu yang sudah tua. Tubis ini sendiri sering dijadikan sebagai bahan olahan masakan yang khas dari suku batak yang memberikan manfaat nutrisi, protein dan berbagai manfaat lainya.

Pada artikel ini Topik Referensi  akan memberikan Resep dan Cara Memasak Ikan Arsik yang menggunakan bahan Tubis(Rebung bambu)Ala khas Batak Toba yang mampu mengundang wisatawan luar karena rasa nya yang nikmat dan sangat unik.

Maka untuk sobat atau ibu rumah tangga yang sayang bagi keluarga bisa mencoba dan menerapkan apa yang saya rangkum didalam artikel ini.

Bahan bahan yang di butuhukan Untuk Memasak Ikan Arsik Menggunakan Tubis


Resep dan Cara Memasak Ikan Arsik Menggunakan Tubis(Rebung Bambu)

  1. Ikan Nila/Mujair/Mas
  2. Kemiri
  3. Kunyit
  4. Tubis
  5. Jahe
  6. Bawang Merah
  7. Bawang Putih
  8. Cabe Merah
  9. Andaliman
  10. Asam Gelugur
  11. Lengkuas
  12. Serai
  13. Garam
  14. Jeruk Nipis
  15. Air


Nah resep nya bisa sobat lihat dan pelajari yang tertara diatas sebagai bahan yang bisa anda sediakan. Dan Cara proses olahan Resep Masakan Ikan Arsik Menggunakan Tubis khas Batak Toba, ikut saya lampirkan dibawah ini.

Cara Proses Memasak Ikan Arsik Menggunakan Tubis(Rebung Bambu)


  • Ikan nya potong hingga beberapa bagian, dan cuci agar bersih, lalu Tambah garam dan jeruk nipis agar bau nya hilang dan ikan terasa enak.

  • Haluskan bawang merah, putih, kemiri, kunyit, jahe, andaliman, dan cabe merah.

  • Lengkuas, serai hanya geprek saja

  • Masukkan air dalam kuali,dengan ukuran secukup nya Saja.

  • Lalu masukkan bumbu yang telah dihaluskan dan yang di geprek tadi,ditambah masukkan gelugur nya juga, kalau bisa gelugur jangan terlalu banyak, karna bisa bisa jadi asam.

  • Tambahkan garam kedalam secukupnya.

  • Tunggu hingga kuah nya meresap dan sampai tubis nya lembek.  

  • Masukkan kembali ikan nya, lalu setelah semuanya di masukkan, susunlah tubis tadi dari atas ikan nya.

  • Setelah masak, baru siap untuk di hidangkan dan siap untuk Menikmati nya.

Bagi saya sendiri sangat senang dan sangat bangga apabila sobat semua berhasil menerapkan resep ini di tengah tengah keluarga anda. Jangan lupa bagikan artikel ini supaya menambah pengetahuan dan juga wawasan memasak untuk sobat semua.

Semoga artikel  Resep dan Cara Memasak Ikan Arsik Menggunakan Tubis(Rebung Bambu),bisa membantu keluhan sobat yang belum pernah merasakan Masakan Ikan Arsik yang Menggunakan Tubis Ala Batak Toba.

Selamat mencoba dan semoga berhasil
Salam Resep Masakan,,See yaa sobat semua├░Ÿ˜Š├░Ÿ˜Š
Terimah kasih,,!!
Resep dan Cara Memasak Ikan Arsik Menggunakan Tubis(Rebung Bambu)
kembali ke atas