Pelajaran Pertama Pada Keluarga Muda (young family)

AvatarOleh:
Bagi kita  keluarga muda yang baru memiliki anak seringkali mengalami kesalahan kesalahan dalam merawat anak,memang ini dapat dimaklumi karena inilah pengalaman pertama kita bagaimana repotnya dalam menjaga bahkan mengasuh anak kita yang masih sangat belia.

Apalagi disaat bayi masih dalam tenggang umur dibawah tiga tahun sampai umur tiga tahun(batita),terlebih bayi belum memiliki kendali dan motorik badan yang belum sempurna,kerap kali bayi mencelakakan diri sendiri atau menabrak sesuatu atau bahkan terbentur pada benda benda di sekelilingnya karena belum memiliki kesadaran akan kebahayaan pada dirinya sendiri.



Kita sebagai orangtua tentu panik sejadi jadinya apalagi sampai sampai benturan mengalami memar yang menimbulkan bekas.
 benturan paling sering meninggalkan bekas seperti di kepala bayi,wajah dan bagian dagu.
Hal hal yang terjadi pada bayi bisa bisa mengalami hilang kesadaran,muntah ,susah di tidurkan,pupil mata membesar sampai merasa kejang kejang.

Untuk menangani penyembuhan secara alami seperti benturan yang menimbulkan bekas seperti diatas maka inilah yang harus kita lakukan terlebih dahulu:

  1. Kompres bagian luka yang terbentur menggunakan es supaya tidak mengalami rasa perih pada kepala bayi bisa dilakukan setiap 3 sampai 4 jam sekali.
  2. Bersikan bagian luka dengan air hangat 
  3. Balurkan minyak varas secara lembut untuk mencegah infeksi pada luka
  4. Biarkan bayi beristirahat 
Ulangilah proses diatas setiap hari sampai bekas luka benar benar pulih seperti semula,karena jika keadaan sperti diatas tidak ditangani secara tanggap bisa saja efek dari kejadian tersebut berpengaruh pada pertumbuhan bayi baik dari segi ingatan maupun mental bayi.

Pesan saya bagi kita keluarga muda bepajar lah dari pengalaman pengalaman orang yang berkeluarga duluan,tidak ada salahnya kita bertanya kepada mereka bahkan kepada orangtua kita sendiri karena merekalah paling tahu segala keadaan dalam proses perawatan.

Dan selalu lah berhati hati dalam melakukan perawatan bayi berikan perhatian penuh di setiap saat untuk menjauhi hal hal yang tidak kita inginkan.

Salam sehat bersama varash semoga apa yang kami tulis dan rangkum dapat memberikan kita manfaat dan pelajaran berharga buat semua orang.








Pelajaran Pertama Pada Keluarga Muda (young family)
kembali ke atas