Pengakuan Iman Rasuli(Syahadat Para Rasul)


Didalam pengajaran iman kristen,Pengakuan Iman Rasuli disebut juga kredo Rasuli atau Kredo para Rasul yaitu salah satu dari kredo yang secara luas di terima dan di akui oleh seluruh greja gereja kristen,khususnya gereja gereja yang berakar dalam tradisi barat.
 Didalam pengajaran iman kristen,Pengakuan Iman Rasuli disebut juga kredo Rasuli atau Kredo para Rasul yaitu salah satu dari kredo yang secara luas di terima dan di akui oleh seluruh greja gereja kristen,khususnya gereja gereja yang berakar dalam tradisi barat.      Di kalangan gereja khatolikh Roma kredo ini disebut syahadat para Rasul.  Pengakuan iman Rasuli terbagi atas tiga bagian utama yaitu:  Mengenai Allah Bapa dan penciptaan kita Allah ,Anak dan Penebusan kita Mengenai Allah Roh kudus dan Pengudusan kita     Teks dalam bahasa indonesia menurut versi Katolik Roma dan Protestan:    VERSI KATOLIK ROMA Syahadat Para Rasul:    Aku percaya akan Allah,  Bapa yang maha Kuasa,  Pencipta langit dan bumi;  Dan akan Yesus Kristus;  Putranya yang Tunggal,Tuhan kita,yang di kandung dari Roh Kudus:dilahirkan oleh perawan Maria,yang menderita sengsara dalam pemerintahan pontius pilatus,di salibkan,wafat dan di makamkan;  Yang Turun ke tempat penantian pada hari ke tiga bangkit dari antara orang mati;yang naik ke sorga ,duduk di sebelah kanan Allah Bapa yang Maha Kuasa;  Dari situ ia akan datang mengadili orang yang hidup dan yang mati.  Aku percaya akan Roh kudus ,  Gereja katolik yang kudus,  Persekutuan para kudus,  Pengampunan dosa,  Kebangkitan badan,  Kehidupan kekal.  AMIN.    VERSI PROTESTAN Pengakuan Iman Rasuli:    Aku percaya kepada Allah.  Bapa yang maha kuasa,  Khalik langit dan bumi  Dan kepada Yesus Kristus,  Anaknya yang Tunggal,Tuhan kita  Yang dikandung dari pada Roh Kudus,  Lahir dari anak dara Maria,  Yang menderita sengsara di bawah   Pemerintahan pontius pilatus,disalibkan mati dan di kuburkan,  Turun kedalam kerajaan maut pada hari yang ketiga bangkit pula dari antara orang mati,naik ke sorga  Duduk di sebelah kanan Allah Bapa yang maha kuasa,  Dan dari sana ia akan datang untuk menghakimi orang yang hidup dan yang mati.  Aku percaya kepada Roh Kudus,  Gereja yang Kudus dan persekutuan Orang Kudus,  Pengampunan Dosa,  Kebangkitan Daging,  Dan Hidup yang Kekal.  AMIN.    Dari pengakuan iman diatas kita lihat  unsur unsur aqidah iman itu secara garis besar.  Atas landasan isi yang sudah secara garis besar dikandung dalam iman ini pula kita akan memperdalam makna aqidah Iman Rasuliah secara rinci.  Untuk itulah mari kita bahas rincian kandungan dan tema tema aqidah yang ada dalam pengakuan iman kristiani itu.

Di kalangan gereja khatolikh Roma kredo ini disebut syahadat para Rasul.
Pengakuan iman Rasuli terbagi atas tiga bagian utama yaitu:
  1. Mengenai Allah Bapa dan penciptaan kita
  2. Allah ,Anak dan Penebusan kita
  3. Mengenai Allah Roh kudus dan Pengudusan kita


Teks dalam bahasa indonesia menurut versi Katolik Roma dan Protestan:

  • VERSI KATOLIK ROMA
Syahadat Para Rasul:

Aku percaya akan Allah,
Bapa yang maha Kuasa,
Pencipta langit dan bumi;
Dan akan Yesus Kristus;
Putranya yang Tunggal,Tuhan kita,yang di kandung dari Roh Kudus:dilahirkan oleh perawan Maria,yang menderita sengsara dalam pemerintahan pontius pilatus,di salibkan,wafat dan di makamkan;
Yang Turun ke tempat penantian pada hari ke tiga bangkit dari antara orang mati;yang naik ke sorga ,duduk di sebelah kanan Allah Bapa yang Maha Kuasa;
Dari situ ia akan datang mengadili orang yang hidup dan yang mati.
Aku percaya akan Roh kudus ,
Gereja katolik yang kudus,
Persekutuan para kudus,
Pengampunan dosa,
Kebangkitan badan,
Kehidupan kekal.
AMIN.

  • VERSI PROTESTAN
Pengakuan Iman Rasuli:

Aku percaya kepada Allah.
Bapa yang maha kuasa,
Khalik langit dan bumi
Dan kepada Yesus Kristus,
Anaknya yang Tunggal,Tuhan kita
Yang dikandung dari pada Roh Kudus,
Lahir dari anak dara Maria,
Yang menderita sengsara di bawah 
Pemerintahan pontius pilatus,disalibkan mati dan di kuburkan,
Turun kedalam kerajaan maut pada hari yang ketiga bangkit pula dari antara orang mati,naik ke sorga
Duduk di sebelah kanan Allah Bapa yang maha kuasa,
Dan dari sana ia akan datang untuk menghakimi orang yang hidup dan yang mati.
Aku percaya kepada Roh Kudus,
Gereja yang Kudus dan persekutuan Orang Kudus,
Pengampunan Dosa,
Kebangkitan Daging,
Dan Hidup yang Kekal.
AMIN.

Dari pengakuan iman diatas kita lihat  unsur unsur aqidah iman itu secara garis besar.
Atas landasan isi yang sudah secara garis besar dikandung dalam iman ini pula kita akan memperdalam makna aqidah Iman Rasuliah secara rinci.
Untuk itulah mari kita bahas rincian kandungan dan tema tema aqidah yang ada dalam pengakuan iman kristiani itu.

Share this:



Comments

Popular Posts

Kumpulan Kata-Kata Selamat Ulang Tahun Bahasa Batak dan Artinya

Contoh Mandok Hata Di Acara Mangapuli Dalam Budaya Suku Batak

Kata Kata Ucapan Berduka Cita Dalam Bahasa Batak Toba Dan Artinya

Ucapan Selamat Atas Pernikahan Bahasa Batak Dan Artinya

Contoh Mandok Hata Di Esek-Esek Pesta Lahiran Pada Suku Batak